Minggu, 21 Oktober 2018

news flash

13 Tahun Lansia di Roho – Lembata Tetap Eksis

Mei 22nd, 2018 | by Bonne Pukan
13 Tahun Lansia di Roho – Lembata  Tetap Eksis
Sosbud
0
Foto: Para Lansia desa Roho sedang membawakan Mars Lansia dihadapan Wakil Bupati Lembata dan para undangan saat mengikuti rangkaian acara Bulan Bakti Gotong

NTTsatu.com – LEWOLEBA – Sudah 13 tahun lamanya para kader Lansia  (lanjut usia) di desa Roho bersama kepala   desa dan Ibu Bidan membina kelompok  lansia agar mereka tetap teroroganisir dan ikut dalam berbagai kegiatan baik di desa, Kecamatan maupun di Kabupaten.

Jika dibiarkan maka mereka akan berada sendiri di umah-rumah mereka, di kebun-kebun yang jauh dari kampung halamannya. Walaupun sudah tua namun mereka semangat dan antusias mengikuti berbagai kegiatan yang sudah kami programkan. Lansia kami berjumlah 73 orang semua aktif. Semuanya ditimbang setiap bulan, Pemeriksaan tekanan darah, senam dan kegiatan lain bersama bidan desa yang setia mendampingi kami,” kata Ketua Kader Lansia Agnes Daten Leuobi.

Penjelasan itu disampaikan kepada para pengurus Pokja PKK Kabupaten Lembata yang berada di lokasi kegiatan Lansia di Lapangan sepak Bola Roho Sabtu, 19 Mei 2018.  Saat itu Kelompok Kerja (POKJA) dari  PKK Kabupaten Lembata berjumlah 6 orang sedang berkunjung ke Desa Roho untuk mengikuti rangkaian acara Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke 46 yang dipadukan dengan Hari Keluarga dan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat.

Dihadapan Lansia Binaan dan para Pengurus PKK Kabupaten Ibu Agnes menyatakan, mereka  sangat gembira dan bangga karena sejak 13 tahun mereka berusaha menghimpun dan membina kelompok lansia dan baru kali ini ibu ibu PKK dari Kabupaten mengunjungi mereka.  Kunjungan ini menurut Ibu Agnes mendorong dn memotivasi para kader  agar  semangat dalam menghadapi hidup  di masa lansia dan program-program  selanjutnya.

Untuk diketahui, berbagai agenda kegiatan yang  diikuti para lansia yakni Senam Lansia pada Jumad, 18 Mei 2018 sore dan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan, bakti bersama lansia dan kunjungan ke rumah Ibu Hamil pemberian makanan tambahan penderita gizi buruk.

Ibu Ilon Fernandez salah satu pengurus PKK di Kabupaten Lembata dalam penyuluhannya dihadapan 73  lansia di Roho menyatakan hidup di usia lansia harus semangat gembira bersama keluarga dan menjauhi amarah dan stres. Ia juga mengajak para lansia untuk membina hubungan yang harmonis dengan orang disekita tetangga sambil meningkat semangat spiritualitas dengan beribadah sesuai agama dan kepercayaan biar hidup menjadi tenang dan gembira.

Bergita Bita Laba (78) yang ditemui dikediaman di Roho menyatakan dirinya tinggal jauh dari kebun, ada urus ternak, kebun namun selalu pulang kampung untuk ikut lansia. Ia beralasan bahwa lansia itu menggembirakan. “Ya lansia itu repotkan  karena kita suda tua tapi ajar kita senam dan gerak macam-macam tapi itu menggembirakan,” katanya sambil tertawa. (m.molan/Dinas Kominfo Lembata)

Komentar ANDA?