BBKSDA NTT Perkenalkan TWA Menipo Lewat Festival Menipo

0
162
NTTsatu.com –  KUPANG — Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NusacTenggara Timur (NTT) memperkenalkan kepada masyarakat NTT bahwa NTT punya surga yang tersembunyi yaitu Taman Wisata Alam ( TWA) Menipo di Desa Enoraen, Amarasi Timur-Kabupaten Kupang.

TWA Menipo ini dikenalkan melalui Festival Menipo yang digelar di Lippo Plaza, Kamis (14/11/2019).

Puncak Fesival Manipo ini merupakan Pesta Rakyat dengan tema “Manusia, Alam dan Budaya” yang menjadi hal penting untuk melihat peran alam dan budaya bagi pengembangan wisata di TWA Menipo.

Sebelum kegiatan puncak Festival Menipo ini trlah didahului dengan beberapa kegiatan di Desa Enoraen, seperti penguatan lembaga Adat, SKPD road to Menipo Jemboreng (Jemput Bola Bareng-Bareng), pembentukan keliarga ekologis dan pembentukan kelompok mitra konservaso ekowisata, tenun, seni tari dan tani mangrove serta kegiatan lomba seperto mewarnai, melukis dan fotografi.

Foto: Siswa SD Negeri Fatufuah mempersembahkan lagu kepada para tamu di Festival Menipo, Lippo Plaza Kupang, Kamis (14/11/2019). 

Para tamu/undangan yang hadir dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Para Kepala OPD NTT, Kepala Kementerian LHK, Warga masyarakat desa Enoraen dan anak-anak Sd Fatufuah disuguhkan tayangan video TWA Menipo.

Pada acara puncak ini dihiburi oleh persembahan lagu dari siswa SD Negeri Fatufuah dan penyerahan Bantuan kepada SD tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI senilai Rp 90 juta.

Masyarakat Desa Enoraen juga menghiburi para tamu dengan tarian rabeka yang bermakna persaudaraan.

Menari sambil menyanyi serta tuturan-tuturan adat menampakkan bahwa desa tersebut masih sangat kental dengan budayanya.

Ketua Panitia, Mulyo Hutomo, acara ini terselenggara dengan baik karena dukungan dari PT PLN, Bank NTT, Jasindo dan pihak lainnya. (*/tim)

Komentar ANDA?