BNI Sponsori Tour de Flores 2016

0
11
Logo BNI

LARANTUKA. NTTsatu.com – Setelah mendukung Tour de Singkarak di Sumatera Barat selama beberapa tahun, kini PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menegaskan komitmennya untuk tetap memberikan dukungan terhadap perhelatan olahraga yang sekaligus memperkenalkan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi balap sepeda Tour de Flores (TdF) di Flores, Nusa Tenggara Timur.

BNI meyakini, dukungan terhadap kompetisi olahraga sepeda seperti Tour de Flores ini akan memberikan dampak berganda terhadap perkembangan ekonomi masyarakat yang menetap di sepanjang jalur tour tersebut.

Dukungan BNI pada ajang olahraga berbasis wisata (sport tourism) ini diketahui pada pelepasan sekitar 160 peserta TdF di Etape I yang akan menyusuri jalur Larantuka, Kabupaten Flores Timur hingga  Maumere, Kabupaten Sikka, Kamis (19 Mei 2016).

Lomba ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 16 negara, sehingga dukungan terhadap event ini dengan sendirinya akan memperkuat promosi Indonesia kepada dunia, dimana BNI sebagai bank asal Indonesia yang memiliki cabang luar negeri terbanyak memiliki peran penting pada pengembangan pariwisata di kawasan-kawasan berpanorama alam yang indah dan menarik bagi wisatawan asing.

Pada lomba yang berlangsung antara 19 Mei hingga 23 Mei 2016 ini, pembalap akan melintasi jalur race yang melewati lima kabupaten/ kota dan menempuh jarak 661,5 Kilometer. Titik Start di Larantuka dan titik Finish di Labuan Bajo.

Kelima etape dalam rute TdF pertama ini melintasi Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ruteng dan Labuan Bajo.  Pihak penyelenggara  menyiapkan total hadiah sebesar Rp 1 miliar yang akan diperebutkan para peserta balap sepeda.

BNI memeriahkan TdF dengan dukungan rill terhadap kesejahteraan masyarakat di sekitar rute race, yaitu dengan menggelar Pasar Murah Berbagi Sembako BNI di Maumere pada 20 Mei 2016. Ini merupakan apresiasi yang diberikan BNI terhadap keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang memang terkonsentrasi di Maumere dan kota-kota disekitarnya.

TdF merupakan salah satu program olah raga yang patut didukung karena menjadi salah satu upaya untuk menggerakkan potensi ekonomi di daerah-daerah yang dilaluinya. Pada saat perekonomian semakin tumbuh, maka nantinya akan membutuhkan jasa perbankan dalam transaksi aktivitas ekonomi, termasuk selama TdF digelar.

Event ini akan menumbuhkan Eco Tourism yang bisa menghasilkan potensi aktivitas ekonomi di daerah, sehingga memunculkan lapangan pekerjaan baru khususnya jasa-jasa pariwisata.

”Tour de Flores 2016 dapat mendorong menjamurnya bisnis perhotelan, restoran dan travel; dibarengi dengan peningkatan penjualan kerajinan tangan dan produk-produk lokal khas Nusa Tenggara Timur. Dengan adanya event ini akan membuka peluang untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia kepada peserta Tour de Flores yang mayoritas atlit asing,” ujar Direktur Tresuri dan Internasional BNI Panji Irawan.

Nilai tambah lainnya dari TdF 2016 adalah searah dengan program “Less Emission” BNI atau pengurangan emisi CO2 melalui gaya hidup sehat dan rendah emisi dalam hal ini bersepeda, baik untuk tujuan ke kantor maupun kegiatan lainnya. BNI memiliki klub sepeda yang dinamakan “46 Cyclist” dan melengkapi kawasan parkirnya dengan parkir khusus sepeda (bike parking) yang tersebar di seluruh Kantor Wilayah BNI serta Kantor Pusat di Jakarta. Hal tersebut sejalan dengan status BNI yang menjadi salah satu pionir dalam aspek “green banking” yang memadukan praktek perbankan dengan aspek keberlanjutan alam.

BNI melihat bahwa TdF bernilai tinggi karena event ini bersifat Internasional yang mendapatkan peliputan luas dari media masa dalam dan luar negeri. BNI menangkap peluang ini untuk memperkuat “Corporate Branding” karena salah satu strategi bisnis BNI adalah “Go International”. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran layanan perbankan BNI di kota-kota besar dunia, yakni New York, London, Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, dan Osaka Jepang. Dengan demikian, dukungan terhadap TdF 2016 ini akan menegaskan kembali semangat BNI, yakni bank yang Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa. (media center tdf)

Komentar ANDA?