Selasa, 19 Juni 2018

news flash

Bupati Deno Tinjau Tempat Pembibitan Ternak di Pagal

Juni 13th, 2018 | by Bonne Pukan
Bupati Deno Tinjau Tempat Pembibitan Ternak di Pagal
Ekbis
0
Foto: Bupati Deno (bertopi) bersama Staf Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai ketika meninjau lokasi Pertenakan milik Pemkab Manggarai dan rela berdiri dalam bak belakang mobil yang mereka tumpangi

NTTsatu.com – RUTENG – Sebagai Pemimpin di  Bumi Congka Sae kabupaten Manggarai, Kamelus Deno kian mengakar rumput memastikan proyek  pembibitan babi dan ayam serius dilakukan oleh Dinas peternakan kabupaten Manggarai.

Mantan Wakil Bupati Credo jilid 1 dan 2 ini dengan semangat merakyat meninjau lokasi kandang ternak pembibitan babi dan peternakan ayam petelur di UPTD Pembibitan Ternak, Kelurahan Pagal, Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai pada hari Kamis 7 Juni lalu.

Sosok seorang Doktor Ilmu Hukum dan kini menjadi pemimpin masyarakat Manggarai, Kamelus Deno  melakukan peninjauan dengan memastikan ketersediaan produksi telur dan bibit ternak dengan para staf Dinas Peternakan  yang lagi menekuni budidaya ternak babi dan  ayam di Pagal.

Selain itu untuk mengetahui kulitas pekerjaan yang menggerus uang dari APBD tersebut , Bupati Deno juga sempat meninjau  kualitas proyek bangunan kandang ternak yang telah dibangun tahun 2017 lalu.

Saat meninjau lokasi peternakan  dalam sengatam terik matahari menuju lokasi, Bupati bersama staf  menumpangi   bak bagian belakang mobil dinas milik bagian Humas Setda Manggarai,  bupati tetap dengan ramah menyapa warga yang dijumpai dalam perjalanan menuju lokasi melewati ruas jalan yang dalam kondisi jelek dengan medan mendaki sepanjang kurang lebih 200 meter.

Di lokasi peternakan, Bupati Deno menyampaikan harapan  agar proses yang saat ini berlangsung di UPTD Pembibitan Ternak harus terus diawasi agar semakin berkualitas.

“Selokan dan drainase pembuangan sisa kotoran hewan ternak harus segera diperbaiki agar tidak menyebabkan polusi udara dan masalah lainnya bagi masyarakat sekitar atau pengguna jalan,” kata Bupati Deno

Untuk diketahui  produksi telur dari peternakan milik Pemerintah Kabupaten Manggarai sudah bisa menghasilkan 350 butir per hari. Hasil ini  dapat  menutupi  kebutuhan lauk  harian bagi warga di sekitar lokasi peternakan.

Bupati dengan senyum ramah kepada staf dinas peternakan yang ada di lokasi bercerita tentang hasil dari telur peternakan ayam yang dapat memenuhi kebutuhan penambahan gizi bagi masyrakat sekitar Pagal.

“Produksi tersebut habis terjual di sekitar Pagal. Itu berarti, masyarakat kita sudah sadar gizi dan hal tersebut wajib diapresiasi karena merupakan sebuah langkah maju dan sesuai dengan misi daerah ini di bidang kesehatan,” jelas Bupati dengan nada begitu semangat memotivasi para peternak .

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai, Dan Konstantinus,  yang saat itu mendampingi Bupati Deno  menjelaskan  pekerjaan proyek peternakan tersebut sudah dilaksanakan oleh pihak penyedia pada tahun 2017. Produksi ayam petelur sudah mulai panen sejak bulan Maret tahun 2018.

Foto: Inilah kandang ternak ayam di lokasi pertenakan milik Pemkab Manggarai saat dikunjungi Bupati Deno Kamilus, Kamis, 7 Juni 2018 lalu

 

“Saat ini jumlah ayam petelur sebanyak 1.400 ekor, sedangkan babi sebanyak 44 ekor. Semua ternak ini milik Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai. Produksinya baru mencapai 25 persen karena baru berjalan dua bulan.  Produksi maksimal diperkirakan sampai bulan Agustus yakni sekitar 70%,” jelas Konstantinus

Kepada Bupati dan rombongan Konstantinus menuturkan bahwa tahun 2018 akan dibuat instalasi pengelolaan limbah. Dengan adanya instalasi , limbah ternak akan dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan pupuk bokasi.

“Untuk mengantisipasi pencemaran lingkungan, air cuci kandang yang ada di selokan,  dan penyebab sumber pulusi udara sudah ada solusinya tahun 2018 ada paket kandang dengan septic tank. Kita juga tambahkan 10 karung dedak supaya tebal dan tidak menimbulkan bau. Alas kandang itu nantinya menjadi sumber bahan baku pupuk bokasi. Untuk para petani simantri yang berada di sekitar lokasi, bisa ambil sendiri cirit ternak tersebut,” katanya.

Kedekatan Bupari Deno  sudah dimulai sejak dia menjadi Bupati Manggarai. Deno  tidak kenal lelah demi mengetahui nasib rakyat di akar rumput. Deno melihat usaha peternakan  dilaksanakan di tengah kunjungan kerjanya bersama jajaran melaksanakan agenda bulanan berkantor di Desa Bajak serta Buka Puasa Bersama di Reo Kecamatan Reok. (mus)

Komentar ANDA?