Sabtu, 18 Agustus 2018

news flash

Curi Motor di Maumere, Warga Matim Ditangkap di Reo

Mei 16th, 2018 | by Bonne Pukan
Curi Motor di Maumere, Warga Matim Ditangkap di Reo
Hukrim
0

NTTsatu.com – MAUMERE – Viktor Karlo, 19 tahun, warga Dusun Goloweru Desa Wea Kecamatan Sambi Rampas Kabupaten Manggarai Timur, harus mempertanggungjawabkan perbuataannya. Dia ditangkap di Pelabuhan Reo, Sabtu (12/5), setelah mencuri sebuah sepeda motor di Kota Maumere Kabupaten Sikka pada awal Januari 2018 lalu. 

Drop out sekolah dasar ini ditangkap di atas kapal barang yang baru saja tiba dari Makasar. Belum sempat turun ke dermaga, aparat kepolisian langsung membekuknya dan mengamankan di Mapolres Manggarai. Setelah itu dia digelandang Unit Jatrans Reskrim Polres Sikka ke Maumere.

Informasi yang direkam, sepeda motor yang dia curi yakni Yamaha Vega dengan plat nomor EB 5643 JB. Kendaraan roda dua ini milik Viktorius Kedang yang selama ini dipakai anaknya bernama Urbanus Rezandri Mage, pelajar pada SMK Santo Gabriel Maumere.

Setelah mengetahui sepeda motornya hilang, Urbanus Rezandri Mage yang tinggal di Asrama Aloysius di Jalan Moat Subu Kelurahan Kota Baru langsung melaporkan ke Polres Sikka. Korban mencurigai motornya dicuri Viktor Karlo yang juga tinggal di asrama itu. Pasalnya pasca kehilangan motor, pelaku juga menghilang dari asrama.

Seperti disaksikan media ini, Rabu (16/5), penyidik pada Unit Jatrans sedang mengambil keterangan dari Viktor Karlo. Dia ditanyai seputar keberadaan di Maumere dan bagaimana tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang dia lakukan.

Viktor Karlo masuk ke Maumere pada September 2017 lalu. Dia datang ke Maumere dengan maksud mencari pekerjaan. Tiga bulan awal di Maumere, dia tinggal di rumah keluarga di bilangan BK3D Maumere. Pelaku sempat bekerja di Toko Tiga Mas.

Dari BK3D, pelaku akhirnya tinggal di Asrama Aloysius, dan kemudian berkenalan dengan Urbanus Rezandri Mage. Selama satu minggu di asrama, pelaku dan korban tampak akrab. Kadang-kadang pelaku tidur di kamarnya korban, demikian sebaliknya. Pelaku juga sering mengendarai motor korban.

Kepada media ini, Viktor Karlo mengaku terpaksa mencuri motor milik Urbanus Rezandri Mage karena dia tidak punya uang yang cukup untuk balik ke kampung halamannya. Dengan motor hasil curian, dia langsung kembali ke kampungnya.

Beberapa bulan berada di kampung, Viktor Karlo berangkat ke Makasar untuk mencari pekerjaan. Motor hasil curian dia tinggalkan di rumah. Tapi nasib apes, setelah hendak kembali lagi ke kampung halaman, dia dibekuk di atas kapal barang. Motor Yamaha Vega ikut dibawa ke Maumere sebagai barang bukti.

Terbetik kabar Viktor Karlo juga sedang dikaporkan Polres Manggarai Timur karena kasus pencurian kendaraan motor. Diperkirakan, usai mencuri motor di Maumere, dia kemudian beraksi mencuri motor di wilayah Manggarai Timur, lalu kemudian melarikan diri ke Makasar.

Hingga kini belum diketahui apakah Viktor Karlo berada dalam jaringan atau sindikat pencurian kendaraan bermotor. Kepada penyidik dia mengaku melakukan aksi secara sendiri. Penyidik Polres Sikka masih terus mengembangkan kasus ini untuk mengungkapkan ada tidaknya jaringan pencurian kendaraan bermotor. (vic)

 

Foto: Tersangka pencurian kendaraan bermotor sedang diperiksa penyidik Jatrans Polres Sikka, Rabu (16/5);

Komentar ANDA?