Selasa, 15 Oktober 2019

news flash

Dana Desa Hasilkan Infrastruktur yang Memadai

April 14th, 2019 | by Bonne Pukan
Dana Desa Hasilkan Infrastruktur yang Memadai
Ekbis
0
Foto: Inilah salah satu contoh masyarakat desa menanfaatkan dana desa untuk membangun infrastruktur di desa (Foto: ist)

NTTsatu.com – KUPANG – Dana Desa yang menjadi salah satu program Presiden Joko Widodo telah menunjukkan hasil yang sangat besar. Di Provinsi NTT, infrastruktur berkembang pesat di desa-desa berkat kucuran dana desa dari pemerintah pusat selama ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sinun Petrus Manuk yang dihubungi di Kupang, Sabtu, 13 April 2019 mengatakan pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan di desa-desa sejak 2015-2019 telah mampu mengatasi kesenjangan pembangunan antarwilayah di provinsi berbasis kepulauan ini.

“Pemanfaatan dana desa sangat dirasakan masyarakat desa di NTT karena begitu banyak infrastruktur desa yang berhasil dibangun setelah ada program dana desa,” kata mantan Penjabat Bupati Lembata ini.

Foto: Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk

Petrus Manuk mengungkapkan hal itu terkait keberhasilan program dana desa dalam mengatasi kesenjangan pembangunan masyarakat desa selama lima tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dikatakannya, seluruh desa di NTT telah menikmati manfaat dana desa dengan terbangunnya infrastruktur jalan desa yang lebih memadai. Selain pembangunan jalan desa, alokasi dana desa yang diterima setiap desa itu juga dimanfaatkan untuk bangun jaringan irigasi, embung sehingga pembangunan sektor pertanian di desa semakin berkembang.

“Banyak infrastruktur desa dibangun karena dukungan dana desa. Masyarakat NTT sangat merasakan dampak dana desa untuk pembangunan infrastruktur desa,” tegas mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi NTT ini.

Selanjutnya, mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT ini mengatakan, total dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat untuk 3.026 desa di NTT sejak tahun 2015 hingga 2019 mencapai Rp10,5 triliun.

“Dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat sangat besar sehingga mendorong percepatan pembangunan masyarakat desa di NTT,” tegas Sinun Petrus Manuk.

Menurut mantan Kepala Dinas Sosial NTT ini pada tahun 2019 pemerintah pusat juga telah mengalokasikan dana desa sebesar
Rp3,2 triliun yang dialokasikan bagi 3.026 desa untuk pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat desa. (antara/bp)

Komentar ANDA?