Minggu, 18 November 2018

news flash

Di Ende, Merah Putih Berkibar di Lokasi Air Terjun

Agustus 18th, 2018 | by Bonne Pukan
Di Ende, Merah Putih Berkibar di Lokasi Air Terjun
Pariwisata
0
  • NTTsatu.com -ENDE – Pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT 73 Kemerdekaan RI terkadang mempunyai daya tarik tersendiri. Di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Tanggopapa Kecamatan Ende, masyarakat setempat mengibarkan bendera merah putih, Jumat (17/8), di lokasi wisata air terjun. 

Upacara pengibaran bendera merah putih ini melibatkan anak-anak pelajar dari SD Tanggopapa, masyarakat setempat serta mahasiswa STPM Santa Ursula Ende yang sedang melakukan KKN di wilayah desa itu. Kepala Desa Tanggopapa Hironimus Radja bertindak selaku komandan upacara, sementara inspektur upacara dipercayakan kepada Agustinus Sedu, mahasiswa STPM Santa Ursula.

Apel bendera ini dimulai pukul 09.00 Wita. Peserta upacara berdiri berbanjar menghadap ke lokasi air terjun. Di tengah kolam air terjun, masyarakat sudah menancapkan tiang bendera. Dua petugas pengerek bendera masuk ke dalam kolam air terjun untuk mengibarkan bendera. Air pada kolam itu setinggi pinggang orang dewasa.
Ini adalah untuk pertama kali masyarakat Tanggopapa melaksanakan pengibaran bendera merah putih di lokasi air terjun.

Kepala Desa Tanggopapa Hironimus A. Radja beralasan prosesi itu dilakukan untuk mempromosikan aset wisata yang terletak di desa. Air terjun ini dengan ketinggian 50 meter, dan memiliki keunikan tersendiri. Namun, belum terkenal luas dan diketahui publik.

“Ini inisiatif dan gagasan bersama dengan masyarakat, dan mendapat dukungan dari mosalaki di wilayah ini. Kami gunakan momentum kemerdekaan untuk menggugah semangat masyarakat di desa dalam rangka memajukan pembangunan pariwisata di Desa Tanggopapa. Sekaligus promosi objek wisata ini,” demikian disampaikan Elthon Rete mengutip keterangan Horinimus Radja.
Untuk menuju lokasi air terjun, memang perlu perjuangan ekstra. Jaraknya dari Kota Ende sekitar 20 kilometer, menuju wilayah Nangaba melintasi Jalan Trans Flores. Jalannya cukup mulus dan bagus. Namun sekitar 2 kilometer ke arah lokasi air terjun, harus melewati jalan kabupaten yang rusak total. Sarana prasarana jalan sangat buruk dan belum mendapat perhatian.
Wakter Waka, mosalaki Tanggopapa dan juga tokoh masrakat desa setempat, memberikan apresiasi atas inisiatif menggelar pengibaran bendera merah putih di lokasi air terjun. Karena itu, kata dia, sejak awal rencana, pihaknya sangat respek dan memberikan dukungan atas inisiatif tersebut.
Untuk menambah daya pikat wisatawan ajang promosi ini, sekaligus menyemarakan hari kemerdekaan, masyarakat setempat menggelar atraksi Tarian Dowe. Tarian ini merupakan tarian khas masyarakat setempat yang sering dilaksanakan setiap ritual menanam jagung dan padi di ladang.*** (vicky da gomez)

 

Foto: Suasana pengibaran bendera merah putih di lokasi Air Terjun Tanggopapa di Kecamatan Ende Kabupaten Ende, Jumat (17/8);

Komentar ANDA?