Minggu, 22 September 2019

news flash

DILANTIK 3 SEPTEMBER, BARU BELASAN ANGGOTA LAPOR DIRI KE SEKWAN

Agustus 20th, 2019 | by Bonne Pukan
DILANTIK 3 SEPTEMBER, BARU BELASAN ANGGOTA LAPOR DIRI KE SEKWAN
Polkam
0

NTTsatu.com  – KUPANG – Pelantikan anggota DPRD NTT masa bhakti 2019-2024 bakal dilaksanakan 3 September 2019. Namun hingga Selasa (20/8), baru belasan anggota terpilih yang telah melaporkan diri ke Sekretariat DPRD NTT.

“Sampai hari ini sudah belasan anggota DPRD NTT terpilih yang sudah melaporkan diri. Sehingga kita harapkan tiga atau dua hari sebelum gladi, semua calon anggota dewan terpilih ini sudah berada di Kupang. Sehingga lebih lancar pelaksanaan gladi dan kalau gladi sudah berjalan lancar maka tanggal 3 itu akan berjalan dengan baik,” kata Sekertaris DPRD NTT (Sekwan), Drs. Thobias Ngongo Bulu kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/08/2019).

Dia menjelaskkan, 65 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilantik pada 3 September 2019.

“Mengadapi pengambilan sumpah janji anggota DPRD NTT yang baru periode 2019-2024, kita sedang melakukan persiapan,” katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan keputusan KPU NTT, Gubernur sudah meneruskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk bisa ditetapkan dengan SK Menteri Dalam Negeri, baik SK pengangkatan maupun pemberhentian anggota yang lama.

Karena itu, ia juga berhara sebelum 3 September 2019, pihaknya bisa memperoleh keputusan Menteri Dalam Negeri. “Selain itu, kami telah mempersiapkan administrasi-administrasi, seperti menyurati Ketua Pengadilan Tinggi yang akan memandu pengambilan sumpah janji anggota dewan,” jelas Ngongo Bulu.

Ditanya soal pimpinan sementara, ia mengatakan, pimpinan sementara DPRD NTT akan dijabat partai pemenang pemilu yang meraih suara pertama dan kedua, yaitu PDIP dengan Golkar.

“PDIP sudah menyampaikan usulan calon pimpinan sementara tinggal dari Golkar. Satu dua hari ini kami akan menerima juga, sehingga tanggal 3 nanti diumumkan,” katanya.

Acara pelantikan sumpah dan janji itu, kata dia, akan berlangsung di ruang sidang utama kantor DPRD NTT. “Tanggal 3 itu acara pelantikan karena tanggal 3 itu adalah tanggal berakhirnya masa jabatan DPRD NTT periode 2014-2019,” tuturnya

Ia juga menjelaskan, di tanggal 3 September 2019 ada tiga agenda penting yang dilaksanakan. Pertama, ada penutupan persidangan II oleh ketua DPRD NTT yang lama.

Kedua, ada pengambilan sumpah janji yang akan dipandu oleh ketua pengadilan Tinggi. Ketiga, ada pembukaan masa persidangan III oleh pimpinan sementara DPRD NTT

Untuk anggota yang mau mengambil sumpah janji, lanjut dia, pihaknya telah informasikan melalui surat resmi DPRD NTT. Sementara tanggal 2 September 2019, akan melaksanakan gladi.

“Saat pelantikan, anggota dewan khusus laki-laki berpakaian PSL, warna gelap dan berpeci. Sedangkan yang Ibu-ibu menyesuaikan menggunakan kebaya supaya merasa juga seragam. Itu tata busana pada saat pengambilan sumpah dan janji,” katanya. (bp)

Komentar ANDA?