Selasa, 11 Desember 2018

news flash

Dominikus: Kader PKK dan Kader Posyandu Garda Terdepan Kesejahteraan Masyarakat

September 18th, 2018 | by Bonne Pukan
Dominikus: Kader PKK dan Kader Posyandu Garda Terdepan Kesejahteraan Masyarakat
Sosbud
0

NTTsatu.com – KUPANG – Jambore Kader PKK dan Kader Posyandu tingkat Provinsi NTT tahun 2018 merupakan salah satu bentuk pembinaan, pemberian motivasi dan penghargaan yang dilakukan secara berjenjang.

Ketua panitia Jambore Kader PKK dan Kader Posyandu tingkat Provinsi NTT tahun 2018, drg. Dominikus Minggu Mere, menyampaikan Kader PKK dan posyandu memiliki peran yang strategis dalam masyarakat, seperti memberikan pelayanan pemberdayaan kelaurga dan pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat, Kader PKK juga membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat sebagai penggerak, motivator, penyuluh, fasilitator, perencana dan pelaksana.

Kader posyandu berperan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, pelayanan yang diberikan berupa membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita, membantu dalam pelayanan KB, melakukan pelayanan Gizi dan melakukan pelayanan bagi kelompok lansia.

“Kader PKK maupun Kader Posyandu merupakan ujung tombak kesejahteraan masyarakat, sehingga dengan ada jambore tersebut memberikan motivasi kepada kader PKK dan kader posyandu yang ada di Desa/Kelurahan untuk lebih berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Gerakan PKK dan daya juang dalam mengembangkan posyandu ke arah kemandirian,” tegasnya.

Menurutnya, tujuan penting dalam jambore ini adalah mengetahui daya serap kepedulian dan tanggung jawab kader PKK dan Kader Posyandu dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia diwilayah kerjanya secara efektif dan efesien, meningkatkan kapasitas Kader agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional dan memberikan penghargaan atas pengabdian sebagai kader PKK dan Kader Pusyandu selama ini.

Peserta Jambore mencapai 352 peserta dari 21 kabupaten/Kota, satu Kabupaten TTS tidak mengikuti jambore. Narasumber, yakni Tim Penggerak PKK provinsi NTT, Dinas PMD Provinsi NTT, Dinas kesehatan Provinsi NTT, Perwakilan BKKBN Probinsi NTT dan Tim pengembangan Kelor Yogyakarta.

Kegian jambore Kader PKK dan kader Posyandu tingkat Provinsi NTT tahun 2018 diselenggaraka  selama 3 hari dari tanggal 17-19 september 2018.

Jenis kegiatan yang dilakukan : 1. parade budaya Flobamorata. 2. Diskusi panel dengan 5 Narasumber. 3. Pemeriksaan kesehatan ringan. 4. Lomba Program. 5. Lomba Gembira. 6. Pemberian penghargaan bagi pemenang lomba.

Ada 8 jenis Lomba yang dilakukan selama jambore,  seperti Lomba pidato dari program sekreteris, lomba penyuluhan dari program pokja l, lomba penyuluhan dari program pokja ll, lomba desain busana kembaran daerah kombinasi tenun NTT dari program Pokja lll, lomba pemantauan Bayi umur 0-30 hari dari program pokja lV, lomba lari Bakiak beregu, lomba lari jepit balon beregu dan lomba lari estapet karet gelang pakai pipet beregu. (amb)

 

Foto: Wagub NTT Josef Nae Soe dan Ketua Panitia sekaligus Kadis Kesehatan NTT, Drg. Dominikus Mere

Komentar ANDA?