Selasa, 12 Desember 2017

news flash

DPRD NTT Terima Usulan Pemekaran Sumba Timur

Maret 3rd, 2015 | by admin
DPRD NTT Terima Usulan Pemekaran Sumba Timur
Polkam
0

KUPANG. NTTsatu – DPRD Provinsi NTT, Senin, 23 Pebruari 2015 menerima usulan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumba Timur, untuk pemekaran Kabupaten Sumba Timur menjadi tiga daerah otonom baru (DOB). Ketiga DOB yang diusulkan tersebut adalah Kabupaten Pahunga Lodu, Sumba Selatan dan Kabupaten Sumba Timur Jaya.

Penyerahan dokumen usulan pembentukan tiga DOB tersebut oleh Bupati Gidion Mbilijora dan Ketua DPRD Sumba Timur, Palulu P. Ndima kepada Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno disaksikan perwakilan masyarakat Sumba Timur serta puluhan anggota DPRD NTT.

Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora pada kesempatan itu menjelaskan, usulan pembentukan DOB tersebut merupakan keinginan masyarakat setempat karena wilayah itu terlampau luas.

“Selain karena aspirasi masyarakat, keinginan membentuk DOB adalah untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dan pemerataan pelaksanaaan pembangunan serta pelayanan kemasyarakatan,” ujarnya.

Dia menguraikan, pemerintah daerah sudah menyiapkan tiga DOB baru itu dengan rencana ibu kotanya masing-masing yakni Sumba Selatan di Nggongi, Sumba Timur Jaya di Lewa dan Panghunga Lodu di Melolo.

Untuk luas wilayah, tambahnya, Sumba Timur Jaya mencakup lima kecamatan, Sumba Selatan Lima Kecamatan, Pahunga Lodu delapan kecamatan. Sementara kabupaten induk Sumba Timur dengan lima kecamatan.

Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya menerima aspirasi dengan dokumen resmi untuk ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk menyesuaikan dan mempersiapkan persyaratan sesuai ketentuan UU 23 tahun 2014, menuju daerah persiapan dengan persyaratan dasar, kewilayahan dan kapasitas daerah serta persyaratan administrasi,” tandasnya.

Nantinya, tambah Anwar, secara teknis usulan tersebut akan ditindaklanjuti Komisi I DPRD NTT dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk diteruskan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.

Pada kesempatan itu, dia juga menyinggung soal rencana pembentukan beberapa DOB di NTT yang aspirasinya sudah masuk ke dewan antara lain Amanatun, Pantar dan Amfoang. Sedangkan Adonara dan Kota Maumere, tinggal menunggu persetujuan DPR dan DPD. (bop)

Komentar ANDA?