Minggu, 21 Oktober 2018

news flash

Dua Tahun ini, Kabupaten Sikka Raih Opini WTP

Juni 10th, 2018 | by Bonne Pukan
Dua Tahun ini, Kabupaten Sikka Raih Opini WTP
Opini
0
Foto: Plt. Bupati Sikka, Paolos Nong Susar foto bersama Pejabat BPK Perwakilan NTT serta pejabat Kabupaten Sikka usai menerima sertifikat hasl pemerinksaan Laporan keuangan tahun anggaran 2017 di kantor BPK NTT, Rabu, 06 Juni 2018

NTTsatu.com – MAUMERE – Dua tahun berturut-turut yakni 2016 dan 2017, Kabupaten Sikka di bawah nakhoda Bupati Drs. Yoseph Ansar Rera dan Wakil Bupati Drs. Paolus Nong berhasil meraih prestasi membanggakan. Prestasi itu berupa raihan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  atas Laporan Keuangan Pemerintah (LKP) Kabupaten Sikka atas pelaksanaan APBD 2017.

Penilaian ini dituangkan dalam sertifikat hasil penilaian yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi NTT, Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak S.E., M.Sc. kepada Plt. Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar, yang didampingi Plt. Ketua DPRD Sikka Donatus David, SH, di Kantor Perwakilan BPK Provinsi NTT, Kota Kupang, pada Rabu, 6 Juni 2018.

Terhadap prestasi itu, Plt. Bupati Sikka Drs.Paolus Nong Susar menyampaikan terimakasih kepada Sekda dan semua Pimpinan Organisasi Perangkat  Daerah  (OPD) Kabupaten Sikka beserta staf dan juga DPRD Sikka selaku mitra Pemerintah.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Sekda beserta segenap pimpinan dan staf Perangkat Daerah Kabupaten Sikka, juga kepada Pimpinan berserta segenap Anggota DPRD Kabupaten Sikka,  yang dengan caranya masing-masing sesuai dan tugas pokok dan  fungsinya, telah bekerja keras, sehingga  Laporan Keuangan Pemerintah  Kabupaten Sikka Tahun 2017 tetap mendapat penilaian opini WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian, oleh Perwakilan BPK Prov NTT. Terima kasih juga kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Sikka selaku subyek yang kami, Pak Bupati Drs. Yoseph Ansar Rera dan saya selaku Wakil Bupati, layani selama ini,” kata Plt. Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar.

 

Hakekat WTP

 

Adapun Opini Badan Pemeriksa Keuangan (Opini BPK) merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni: kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Ada empat jenis Opini BPK. Yaitu: (1) Wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion); 2  Wajar dengan pengecualian (qualified opinion); 3 Tidak wajar (adversed opinion); dan 4 Tidak menyatakan pendapat (disclaimer of opinion).

Nilai Tertinggi yakni WTP diperoleh pertama kalinya oleh Kabupaten Sikka atas LKP 2016 pada tahun 2017 dan kini berhasil mempertahankannya untuk LKP 2017 pada 6 Juni 2018.

Mempertahankan itu prestasi lebih

Turut hadir mendampingi Plt. Bupati Sikka, adalah Kepala Inspektorat Kabupaten Sikka, Drs. Robertus da Silva dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sikka, Drs. Eduardus Desa Pante.

Menurut Eduardus, “Meraih Opini WTP itu sulit, tapi lebih sulit mempertahankannya. Namun Kabupaten Sikka berhasil mempetahankan itu. Profisiat,” kata Drs. Eduardus Desa Pante. (hms setda sikka)

Komentar ANDA?