Minggu, 18 November 2018

news flash

Empat Calon TKI asal Belu Dicekal di Bandara El Tari Kupang

September 11th, 2018 | by Bonne Pukan
Empat Calon TKI asal Belu Dicekal di Bandara El Tari Kupang
Hukrim
0

NTTsatu.com  – Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 10 Septembe 2018 kemarin berhasil mengamankan empat orang calon Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Belu.

Kepala Dinas Nakertrans Provinsi NTT, Bruno Kupok yang dihubungi media inj, Selasa, 11 September 2018 membenarkan pencekalan empat calon TKI ilegal asal kabupaten Belu tersebut.

Dijelaskannya, empat calon TKI tersebut dicekal karena tidak memiliki  kartu Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) dari Disnakertrans Provinsi NTT.

“Mereka dicekal karena dokumen tidak lengkap dan salah satu dari mereka masih berusia 17 tahun atau anak di bawah umur,” kata Kupok.

Lebih lanjut dia menegaska, stafnya sudah bertemu langsung dengan keempat calon TKI tersebut. Dari data yang mereka peroleh satu diantaranya masih berusia 17 tahun.

Menurut keterangan, keempat calon TKI tersebut rencananya akan diberangkatkan dengan pesawat Lion Air  menuju Medan, transit di Surabaya.

Bruno Kupok  menduga, ada kelompok orang atau jaringan di wilayah Atambua yang mengendalikan keempat calon TKI ini untuk diberangkatkan ke Medan.

“Saya menduga ada kelompok atau jaringan yang mengendalikan mereka untuk berangkat ke Medan, untuk sementara kita masih cari tau siapa aktor di balik semua itu,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Bruno, keempat calon TKI sudab diberikan peringatan untuk mengikuti prosedur yang tepat dan benar jika ingin menjadi TKI. Setelah itu mereka dipulangkan ke kampung halamannya di Belu.

“Kalau mau jadi TKI, ikuti prosedur yang benar, supaya aman dan terlindungi. Jangan mudah tergiur dengan segala janji yang menggiurkan untuk bekerja sebagai TKI,” tegasnya.

Keempat calon TKI tersebut antara lain,

(1) Yudit Dos Santo, Lahir:Atsabe, 14 Januari 1993, Perempuan,domisili Salimagu RT.006 RW.001 Kel.Kabuna Kec.Kakuluk Mesak-Kabupaten Belu

(2) Antresa Baros, Lahir: Atambua,07 Juli 2000, Perempuan, domisili Tanslok Bautasik RT 002 RW 001 Kel.Kabuna-Kab.Belu

(3) Laureana Marthins, Lahir: Letefoho,10 Agustus 1987, Perempuan, Domisi Lingkungan Lesupu (RT-21A) RT 21 RT 06 Kel.Manumutin, Kec.Kota Atambua Kab.Belu

(4) Nuncia Teresa Soares, Lahir Atambua,10 Maret 2001, Perempuaèn, domisli Bautasik-Weliurai RT 04 RW 01 Kel.Kabuna, Kec. Kakuluk Mesak-Kab.Belu.  (*/gan)

 

Foto: Ilustrasi TKI

Komentar ANDA?