Selasa, 12 Desember 2017

news flash

Hamsi Yakin Jadi Cabup Mabar dari Partai Golkar

Maret 3rd, 2015 | by admin
Hamsi Yakin Jadi Cabup Mabar dari Partai Golkar
Polkam
0

KUPANG. NTTsatu- Ketua DPD Partai Golkar sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Matheus Hamsi sangat yakni akan menjadi bakal calon bupati Mabar dari Partai Golkar. Penentuannya akan dilakkan melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) partai Golkar yang direncanakan tanggal 7 Maret 20l5 mendatang di Labuan Bajo.

Dihubungi melalui telepon dari Kupang, Selasa, 24 Pebruari 20l5, Hamsi mengatakan, penentapan bakal calon Bupati Manggarai Barat dari Partai Golkar akan diputuskan melalui Rakerda. Rakerda tersebut dilakukan untuk menjaring bakal calon bupati yang akan berlaga di Pilkada tahun 2015 kemudian bisa menetapkan balon untuk diproses sesuai mekanisme Partai Golkar.

“Saya sedang berkonsultasi dengan DPP Partai Golkar di Jakart5a tentang teknis pelaksanaan Rakeda termasuk sistem penjarigan bakal calon, karena saat ini sudah tidak menggunakan survei seperti dulu,” kata Hamsi.

Dia menjelaskan, Juklak dan Juknis tentang sistem penjaringan merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar  dan tinggal diikuti oleh DPD dalam melakukan proses penjaringan.

Matheus mengatakan, pihaknya akan melakukan penjaringan secara terbuka dengan melibatkan pengurus kecamatan dan desa serta kelurahan, sehingga calon yang terjaring benar-benar terbuka.

“Nantinya Rakerda akan dipimpin oleh Ketua DPD Partai Golkar NTT, sehingga diharapkan calon yang terjaring benar-benar siap bertarung sebagai calon dari Partai Golkar,” ujarnya.

Menyinggung peluang dirinya sebagai salah satu kandidat, Hamsi mengatakan, sebagai ketua partai dirinya telah siap menjadi salah satu bakal calon dan memiliki peluang besar dipilih dalam Rakerda.

“Saya Ketua Partai, karena itu peluang  menjadi bakal calon dan selanjutnya menjadi calon itu sangat terbuka lebar,” tegasnya.

Dia menyatakan optimismenya bakal terpilih sebagai bakal calon bupati Mabar yang siap bertarung dengan kandidat dari partai lain dalam ajang Pilkada Desember 2014 mendatang.

Ditanya, kemungkinan berkoalisi dengan partai mana karena Golkar hanya memiliki lima kursi di DPRD Mabar dimana syaratnya harus memilik enam kursi, Hamsi mengatakan sudah emnjalin komunikasi dengan partai lain untuk sama-sama mengajukan calon.

“Kita memang membutuhkan satu kursi lagi karena syaratnya harus enam kursi. Kita Golkar hanya memiliki lima kursi karena itu kita  harus mencari lagi satu kursi, dan sudah ada itu, tinggal dibunyikan pada saat yang tepat,” katanya.

Dari Labuan Bajo, Manggarai Barat diperoleh informasi,  ada beberapa figur yang juga disebut berpeluang menjadi calon Bupati Mabar antara lain, Agustinus Ch Dula yang kini menjabat sebagai Bupati Mabar dan sebelumnya menjadi wakil Bupati, Gasa Maximus yang kini menjabat wakil Bupati Mabar dan Ficelis Peranda.  (bop)

Komentar ANDA?