Minggu, 19 Agustus 2018

news flash

Hari ini, O2SN Tingkat Kabupaten Manggarai Dimulai

Mei 24th, 2018 | by Bonne Pukan
Hari ini, O2SN Tingkat Kabupaten Manggarai Dimulai
Pendidikan
0
Foto: Suasana pembukaan O2SN tingkat Kabupaten Mangarai di Ruteng, Kamis, 24 Mei 2018

NTTsatu.com – RUTENG – Hari ini, Kamis, 24 Mei 2018, Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, secara resmi membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD/MI dan SMP/MTs tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2018. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di lapangan Motang Rua Ruteng.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari untuk masing-masing tingkatan, yakni 24 – 26 Mei 2018 untuk tingkat SD dan 28 – 30 Mei 2918 untuk tingkat SMP.

Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain atletik untuk tingkat SD dan SMP, Bola kaki mini Putra untuk SD, Bola Volly Mini Putri untuk SD dan SMP, Karate untuk jenjang SD dan SMP, dan Bulu Tangkis putra/putri untuk jenjang SD dan SMP.

Ketua panitia O2SN SD/MI dan SMP/MTs Kabupaten Manggarai, Wensislaus Taruk, A.Ma.Pd, dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan O2SN SD/SMP merupakan wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter melalui pembinaan kegiatan olahraga yang dilakukan secara bertahap dan berjenjang.

Sementara itu, Wakil Bupati Manggarai dalam sambutannya menekankan pentingnya ketekekunan, keseriusan, konsentrasi dan perhatian bagi pengembangan minat dan bakat anak.

“Dinas Pendidikan harus mulai berpikir untuk mengembangkan olahraga ke depan. Fokus, terukur, dan tuntas berkaitan cabang olahraga mana yang mau dikembangkan. Semua pihak terkait dilibatkan. Harus punya konsep yang matang berkaitan dengan ini,” lanjutnya.

Kegiatan O2SN bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam olahraga, membina dan menyiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat daerah maupun nasional sejak usia dini, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab, mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air dan menjalin solidaritas dan persahabatan antar pelajar seluruh wilayah Kabupaten Manggarai.

Berdasarkan laporan panitia penyelenggara, jumlah peserta O2SN SD/SMP tahun 2018 sebanyak 528 orang berasal dari 12 kecamatan dengan rincian, SD sejumlah 312 orang dan SMP sejumlah 216 orang.

Penyelenggaraan pertandingan tersebar ke tiga lokasi yakni lapangan Motang Rua untuk cabang olahraga bola kaki mini, atletik, dan bola volly, Aula Paroki St. Vitalis Cewonikit untuk cabang olahraga bulu tangkis, dan Aula Paroki Kristus Raja untuk cabang olahraga karate. Peserta yang meraih juara satu akan mengikuti TC (Training Center) dan diikutsertakan dalam O2SN Tingkat Provinsi NTT Tahun 2018. (mus)

Komentar ANDA?