Selasa, 11 Desember 2018

news flash

Kapal Ternak dari Rote Tujuan Makasar, Kandas di Perairan Paga

Agustus 9th, 2018 | by Bonne Pukan
Kapal Ternak dari Rote Tujuan Makasar, Kandas di Perairan Paga
Ekbis
0

NTTsatu.com -MAUMERE – Sebuah kapal motor pengangkut ternak diberitakan kandas di perairan Paga Kabupaten Sikka, Rabu (8/8) sekitar pukul 18.30 Wita. Kapal yang diketahui bernama KLM Adel Sari itu mendadak mengalami mesin mati. Kapal tersebut berangkat dari  Rote menuju Makasar.

Di atas kapal tersebut terdapat 14 orang, yang terdiri dari 7 orang penumpang dan 7 orang anak buah kapal (ABK). Kapal ini juga memuat hewan ternak yakni kerbau dan sapi. Belum diketahui berapa banyak kerbau dan sapi yang dimuat kapal ini.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere telah mengirim sejumlah personil untuk melakukan evakuasi. Rencananya, evakuasi akan dilakukan pagi ini, persis di saat laut dalam keadaan tenang. Kapolres Sikka Rickson PM Situmorang yang berada di sekitar perairan Paga memastikan kapal beserta penumpang dan ABK dalam keadaan aman.

Yudha Kusuma selaku Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menjelaskan pihaknya sudah mengerahkan personil untuk melakukan evakuasi. Personil yang diturunkan antara lain 5 orang dari Kantor Pecarian dan Pertolongan, 2 orang dari Lanal Maumere, serta personil dari Dit Polair Polda NTT, Koramil Paga, dan KSOP Maumere.

Dia menambahkan bahwa kapal tersebut mengalami mati mesin pada koordinat 09°11.832’S-122°17.207’E radial 171,05°. Atau menurut Kapolres Sikka Rickson Situmorang jaraknya sekitar 15 mil dari darat.

“Anggota SAR, Pa Isran sudah mengonfirmasi juragan kapal bernama Sahrir. Diketahui mesin kapal dalam kondisi mati. Tidak ada kebocoran di kapal,” jelas Rickson Situmorang.

Rickson Situmorang menambahkan dalam kondisi demikian, juragan kapal telah melakukan tindakan pengamanan dengan membuang dua jangka ke dasar laut. Hal ini dimaksudkan agar kapal tidak terhanyut. Dengan demikian juga akan memudahkan proses evakuasi.

Hingga berita ini diturunkan, sementara sedang dilakukan proses evakuasi. Tim evakuasi mengerahkan dua kapal nelayan guna menarik KLM Mulia Sari dari tengah laut. Hadir menyaksikan evakuasi ini antara lain Kapolres Sikka Rickson Situmorang, Danlanal Maumere Sumantri, dan Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan Isran Anshari Arsyad. (vic)

 

Foto: Tim Evakuasi menggunakan kapal nelayan menuju tengah laut untuk mengevakuasi KLM Adel Sari yang mendadak mati mesin sekitar 15 mil di perairan Paga, Kamis (9/8);

 

Komentar ANDA?