Selasa, 15 Oktober 2019

news flash

Komisi I Tetapkan Komisioner KIP NTT yang Lolos Seleksi

Juli 15th, 2019 | by Bonne Pukan
Komisi I Tetapkan Komisioner KIP NTT yang Lolos Seleksi
Polkam
0

NTTsatu.com – KUPANG – Komisi I DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menetapkan lima nama anggota Komisi Informasi Publik (KIP), setelah melakukan fit and propertest terhadap 14 calon anggota KIP.

“Kami sudah tetapkan lima nama yang lolos seleksi KIP NTT. Lima nama yang lolos seleksi itu yakni Pius Rengka, Maryanti Luturmas Adoe, Iksan Puaupa, Agustinus Bole Baja dan Daniel Tonu,” kata Ketua Komisi I DPRD NTT, Proklamasi Ebu Tho kepada media ini, Senin, 15 Juli 2019.

Nama-nama tersebut, kata dia, telah disampaikan ke Ketua DPRD NTT untuk selanjutnya menyurati Gubernur NTT untuk melantik lima komisioner KIP yang lolos seleksi.

“Kami sudah siapkan surat yang diteken ketua DPRD untuk disampaikan ke Gubernur agar segera dilantik komisolioner KIP,” katanya.

Pihaknya juga telah menyampaikan hasil ini ke KIP pusat di Jakarta, bahwa dari 14 yang diseleksi, sebanyak lima orang yang sudah terpilih. “Mereka (KIP Pusat) berikan apresiasi, kareba NTT cepat bentuk KIP,” katanya.

Terkait aspek- aspek terpilihnya lima anggota komisioner ini, kata dia, aspek pertama yang diteliti yakni hasil fit and propertest terkait materi makalah yang dinilai, penguasaan makalah dan track record dari calon.

Faktor non teknis yang dinilai diantaranya perwakilan wilayah, gender dan agama. Dia mencontohkan, Pius Rengka dan Iksan Pua Upa mewakili Flores. Selain itu, Iksan mewakoli muslim.

Maryanti Luturmas Adoe mewakili Rote dan Timor serta perwakilan gender, Daniel Tonu mewakili akademisi dan Alor, serta Agustinus Bole Baja mewakili Sumba dan represntasi Pers NTT.

“Ada banyak aspek yang dinilai, sebelum menetapkan lima anggota KIP,” katanya. (*/bp)

Komentar ANDA?