Markas Kodim 1629/Sumba Barat Daya Diresmikan KASAD

0
14

NTTsatu.com –  TAMBOLAKA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa meresmikan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1629/Sumba Barat Daya (SBD), Selasa 10 Desember 2019 di Desa Watu Kawulla Kecamatan Kota Tambolaka.

Pengresmian tersebut berlangsung meriah karena dihadiri berbagai unsur masyarakat, pelajar dan para tua adat di daerah itu. Sebelum acara itu, KSAD TNI diterima oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete bersama jajaran pemerintah daerah SBD.

Dari rumah Jabatan Bupati SBD, KSAD TNI dipakaikan pakaian budaya Sumba, seperi Kain, Ikat Kepala dan Parang serta Kaleku atau tempat sirih pinang lalu menuju Makodim 1629/SBD. Sepanjang jalan menuju Makodim, berjejer para siswa memegang bendara merah putih sambil menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Di Kantor Kodim itu, Jenderal Andika Perkasa diterima secara meriah dengan tarian-tarian daerah Kolosal dari tiga suku besar yang ada di SBD, yakni Kodi, Wewewa dan Loura.

Sebelum lebih jauh memasuki kawasan Makodim, Andika Perkasa juga diterima dengan tutur adat penerimaan bagi tamu kehormatan oleh para tua adat. Setelah tutur adat, Andika Perkasa meresmikan Kantor baru Kodim 1629/SBD.

Sebelumnya media ini merilis apa yang disampaikan Danramil 1613/02 Laratama, bahwa peresmian Kodim 1629 direncanakan pada tanggal 16 Desember 2019, namun lebih dipercepat untuk kepentingan peningkatan menjaga keamanan wilayah. (*/tim)

Komentar ANDA?