Selasa, 21 Mei 2019

news flash

Maskapai Penerbangan Dengar Keluhan Masyarakat, Harga Tiket Pesawat Turun 20-60%

Januari 14th, 2019 | by Bonne Pukan
Maskapai Penerbangan Dengar Keluhan Masyarakat, Harga Tiket Pesawat Turun 20-60%
Ekbis
0

NTTsatu.com -JAKARTA – Keluhan masyarakat terkait mahalnya harga tiket pesawat direspons positif oleh Maskapai Penerbangan Nasional dengan menurunkan harga tiket sebesar 20 hingga 60 persen.

Mahalnya harga tiket pesawar itu dikeluhakan masyarakat juga menjadi perhatian dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA) yang langsung mengajak beberapa maskapai yang tergabung untuk melakukan penurunan harga, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, dan Air Asia.

Ketua INACA Askhara Danadiputra menyampaikan, terhitung sejak Jumat,11 Januari 2019, harga tiket pesawat sudah mengalami penurunan seperti harga yang berlaku pada 2018 sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Penurunannya bervariatif, mungkin bisa di cek sendiri absolutnya. Yang pasti di atas 20%-60%,” ujarnya di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (11/1/2019).

Adapun rute yang sudah mengalami penurunan harga di antaranya, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, dan beberapa rute lainnya yang akan diikuti penurunannya pada hari ini atau besok.

Kesepakatan penurunan harga ini diakui INACA berasal dari inisiatif maskapai-maskapai yang tergabung dan tidak ada intervensi dari pemerintah. Kesepakatan ini juga sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan berikut dengan rencana-rencana INACA ke depan.

Adapun penyebab kenaikan harga tiket domestik yang lebih tinggi daripada tiket internasional beberapa waktu lalu disampaikan oleh Ketua INACA.

“Di dalam negeri maskapai terkena pajak pertambahan nilai (PPN) , sedangkan di luar negeri kan tidak,” katanya.

Dengan penurunan harga tiket pesawat ini, masyarakat pun sudah bisa menikmati perjalanan dengan harga normal.

“Masyarakat sekarang sudah bisa menikmati kembali harga yang tadinya dianggap mahal. Mudah-mudahan ini menjadi kebaikan untuk kita semua,” ujar Sekjen INACA Tengku Burhanudin. (Okezone/bp)

=======

Foto: Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sedang memberikan keterangan pers (foto:okezone)

Komentar ANDA?