Minggu, 22 Juli 2018

news flash

Pemerintah Harus Dukung Perkembangan Koperasi

Maret 22nd, 2018 | by Bonne Pukan
Pemerintah Harus Dukung Perkembangan Koperasi
Ekbis
0

NTTsatu.com – MAUMERE –  Pemerintah harus memberikan perhatian dan dukungan penuh kepada perekembangan koperasi di daerah ini.

Demikian dikatakan Calon Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika berkunjung ke Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air, Desa Rotat, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Kamis 22/03/07. Kunjungan ke Kopdit Pintu Air ini mengawali titik kunjungan dan kampanye di Kabupaten Sikka.

Laiskodat diterima dengan hangat oleh Ketua Kopdit Yakobus Januari dan karyawan. Laiskodat yang didampingi Politisi Senior asal Maumere, Kristo Blasin, Politisi Golkar Honing Sani dalam kunjungan itu melakukan diskusi soal koperasi dan isu isu ekonomi kerakyatan.

Dalam diskusi itu Laiskodat mengatakan Pemerintah membutuhkan campur tangan koperasi karena mampu menjaga perekonomian. Disisi lain juga Koperasi punya data yang real soal perekonomian seperti pertanian dan perikanan di desa-desa.

” Koperasi kuat bukan uang pemerintah tapi uang anggotanya yang kuat. Pemerintah hanya suport program,” kata Laiskodat.

Laiskodat mengatakan tugas pemerintah adalah memberi pelatihan, pendidikan untuk anggota Koperasi. Pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman literasi keuangan.

Laiskodat juga memuji keberadaan koperasi yang memiliki basis data anggota yang sangat akurat. Bagi dia data itu sangat diperlukan oleh pemerintah yang berkaitan dengan program pemerintah berbasis data kelompok tani.

Sementara itu ketua Kopdit Pintu Air, Yakobus Januari mengatakan mengapresiasi kunjungan Laiskodat bersama rombongan. Dalam kesempatan dia juga memaparkan soal profil kopdit pintu air yang memiliki anggota 192 ribu yang tersebar di seluruh NTT, NTB, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Usai berkunjung di Pintu Air Laiskodat kemudian melanjutkan kunjungan ke Kopdit Obor Mas. Di obor mas Laiskodat diterima oleh

Sambil berdiskusi dengan karyawan, Laiskodat menanyakan juga profil keuangan kopdit obor. Sambil berinteraksi dengan petugas di bagian kredit, Laiskodat juga menanyakan jenis kredit yang ditawarkan oleh kopdit Obor Mas.

Usai berdiskusi, Laiskodat kemudian mendaftarkan diri menjadi anggota Kopdit Obor. Tak hanya Laiskodat, rombongan yang ikut serta didaftarkan jadi anggota. (tim media)

Komentar ANDA?