Minggu, 19 Agustus 2018

news flash

Pemudik Mengeluh Desak-Desakan Saat Turun Dermaga 

Juni 11th, 2018 | by Bonne Pukan
Pemudik Mengeluh Desak-Desakan Saat Turun Dermaga 
Ekbis
0

NTTsatu.com – MAUMERE –  Ribuan penumpang KM Bukit Siguntang turun di Pelabuhan Laurensius Say Maumere, Minggu (10/6) pagi. Sejumlah pemudik mengeluh karena mereka terpaksa berdesak-desakan saat hendak turun ke dermaga. Mereka berharap pihak yang berwenang bisa lebih baik lagi mengatur pelayanan kepada penumpang. 

Namsidar Tulaila, mahasiswi Universitas Pejuang Makasar mengaku lega setelah berada di dermaga. Dia kesal sekali dengan pengaturan penumpang yang hendak turun dari kapal. Mereka harus berdesak-desakan dengan penumpang lain, termasuk portir-portir yang berseliweran menawarkan jasa mengangkut barang penumpang.

Hal yang sama disampaikan Aisah Ahmad, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Makasar. Banyaknya penumpang yang turun di Pelabuhan Laurens Say Maumere membuat mereka kewalahan karena harus berdesak-desakan satu sama yang lain.

Namsidar Tulaila dan Aisah Ahmad bersama rekan-rekan mahasiswi yang lain, merupakan pemudik yang hendak pulang ke Mbay Kabupaten Nagekeo. Melihat kondisi desak-desakan, akhirnya mereka memilih turun pada bagian yang terakhir. Apalagi mereka juga membawa banyak barang.

Meski demikian, Namsidar Tulaila mengatakan secara umum pelayanan pihak kapal sejak dari Makasar sampai ke Maumere cukup baik. Mereka baru menemui persoalan ketika hendak turun di Pelabuhan Laurens Say Maumere. mereka pun memahami begitu banyaknya penumpang yang turun pada hari itu.

“Secara umum, pelayanan cukup baik. Hanya waktu tadi mau turun, terlalu berdesak-desakan. Yah, memang banyak penumpang, tetapi kan mesti diatur yang lebih baik lagi,” keluh Namsidar Tulaila.

Pantauan media ini, beberapa saaat sebelum kapal bersandar di dermaga, puluhan portir sudah siap di depan tangga kapal. Begitu kapal bersandar, pintu jalur keluar masuk penumpang dibuka, puluhan portir ini langsung menerobos masuk ke dalam kapal.

Terlihat antrian penumpang yang hendak turun begitu banyak, masing-masing dengan barang bawaan. Sejumlah petugas baik dari pihak kapal, PT Pelni, Syahbandar Maumere, serta aparat keamanan mengawasi aktifitas penumpang yang turun. Guna memperlancar dan mempercepat penumpang turun, pihak kapal membuka lagi satu jalur turun ke dermaga.

Sementara itu di luar pintu masuk keberangkatan, ratusan keluarga pemudik sudah menunggu. Kondisi desak-desakan juga tidak terelakkan di tempat ini, karena ratusan penumpang yang hendak naik KM Bukit Siguntang pun berada di situ. Pihak kepolisian memperketat pintu masuk ke dermaga, sehingga susana tetap berlangsung kondusif. (vic)

 

Foto: Beberapa mahasiwi di sejumlah perguruan tinggi swasta di Makasar, turun di Pelabuhan Laurens Say Maumere, Minggu (10/6), dan hendak mudik ke Mbay Kabupaten Nagekeo;

Komentar ANDA?