Selasa, 19 Juni 2018

news flash

Pengiriman Surat Suara Pilgub Lewat Darat, Tidak Dikawal Aparat Keamanan

Juni 13th, 2018 | by Bonne Pukan
Pengiriman Surat Suara Pilgub Lewat Darat, Tidak Dikawal Aparat Keamanan
Polkam
0

NTTsatu.com – MAUMERE – Satu buah truk ekspedisi dari Kabupaten Ende, tiba di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka, sekitar pukul 11.39 Wita. Truk ini mengangkut 175 dos surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT Tahun 2018. Tidak ada aparat keamanan yang mengawal dokumen negara tersebut. 

Truk roda enam dari ekspedisi CV Alam Jaya itu dikendarai oleh Yuven. Dia ditemani 3 orang pekerja ekspedisi yang membantunya bongkar muat ratusan dos surat suara sejak dari Pelabuhan Ipi Ende. Yuven mengaku tidak ada aparat keamanan yang mengawal pengiriman surat suara ke KPU Sikka dan KPU Flotim.

“Tidak ada keamanan, kami sendiri saja. Nanti setelah dari sini, kami langsung ke Larantuka,” jelas dia.

Yuven mengatakan 175 dos surat suara yang dibawanya tersebut, sebelumnya diangkut oleh sebuah truk ekspedisi Alam Jaya dari Pelabuhan Perak Surabaya dengan menggunakan kapal roro. Setelah kapal roro tiba di Pelabuhan Ipi, Rabu (13/6), Yuven dan kawan-kawan langsung membongkar dos-dos surat suara ke truk yang dia bawa.

Dia menjelaskan kapal roro tiba di Pelabuhan Ipi sekitar pukul 04.00 Wita. Setelah melakukan pemindahan barang, Yuven pun menuju Maumere sekitar pukul 06.00 Wita. Dia mengaku tidak mengetahui jika perpindahan dokumen negara seperti itu harus mendapat pengawalan anggota keamanan.

Sepanjang perjalanan dari Ende sampai Maumere, menurut Yuven tidak ada kendala yang dia hadapi. Perjalanan berlangsung aman dan lancar, meskipun truk ekspedisi roda enam tidak memiliki plat nomor pada bagian belakang kendaraan. Plat nomor kendaraan hanya dipasang pada bagian depan kendaraan.  (vic

 

Foto: Petugas ekspedisi sedang menurunkan dos-dos yang berisi surat suara Pilgub NTT di halaman Kantor KPU Sikka, Rabu (13/6);

Komentar ANDA?