Minggu, 21 Oktober 2018

news flash

Penthabisan Uskup Maumere 19 September

Juli 20th, 2018 | by Bonne Pukan
Penthabisan Uskup Maumere 19 September
Sosbud
0

NTTaatu.com – MAUMERE –  Romo Edwaldus Martinus Sedu akan ditahbiskan menjadi uskup Maumere, tanggal 26 September 2018 pukul 15.00 Wita di Gelora Samador. Saat itulah resmi menyandang status uskup dan lengkapnya menjadi Mgr. Edwaldus Martinus Sedu.

Sebelum puncak acara itu,satu acara penting sebelum thabisan yakni salve agung tanggal 25 September 2018 di Gereja Katedral St.Yoseph Maumere.

Wakil ketua panitia tahbisan Uskup Maumere, Dr. Gery Gobang, S.Fll, MA, Jumat (20/7/2018), mengatakan, Duta Besar Vatikan akan hadir sebagai uskup penthabis bersama para uskup lainnya.

Gery menjelaskan salve agung merupakan upacara persiapan batin uskup terpilih dan umat menjelang thabisan. Pada saat salve agung, semua perlengkapan uskup diberkati dan disucikan dalam ibadat salve agung. Salve dalam Bahasa Latin artinya salam.

Di dalam upacara ini, kata Gery, terdapat nyanyian puji-pujian,doa syukur, bacaan suci dan renungan singkat dalam ibadat resmi Gereja Katolik.

“Kita harapkan banyak umat yang telibat dalam Salve Agung ini,” ujar Gery seperti dilansir poskupang.com.

Gery menambahkan, tanggal 27 September 2018 Duta Vatikan dan para uskup kembali.

Acara akhir dari tahbisan uskup yakni misa pontifikal atau misa syukur terjadi 30 September 2018 di Gereja Katedral St.Yoseph Maumere.

Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus telah ditetapkan oleh Bapak Suci Paus Fransiskus Xaverius, Sabtu (14/8/2018) pukul 12.00 waktu Vatikan, Italia atau pukul 18.00 Wita. Penetapan Vikjen Keuskupan Maumere isambut sukacita umat Katolik Keuskupan Maumere, Kabupaten Sikka, rohaniwan dan biarawati mengikutinya di Lepo Bispu. (*)

 

Foto: Mgr. Ewaldus Martinus Sedu yang akan sitahbiskan menjadi uskup Maumere, 19 September 2018.

Komentar ANDA?