Sabtu, 20 Oktober 2018

news flash

Pilkada di NTT, 43 Pasalon Siap Bertarung di Provinsi dan Kabupaten

Januari 12th, 2018 | by Bonne Pukan
Pilkada di NTT, 43 Pasalon Siap Bertarung di Provinsi dan Kabupaten
Polkam
0
Foto: Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe

NTTsatu.com – KUPANG – Pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta bakal calon bupati dan wakil bupati di seluruh provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah berakhir, Rabu, 10 Januari 2018. Terdaftar sebanyak 43 pasangan calon gubernur dan bupati yang akan bertarung dalam kontestasi politik lima tahunan ini.

KPU Provinsi NTT menerima pendaftaran empat bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur yakni Benediktur Kabur Harman-Benny Alexander Litelnoni (PKS, PKPI dan Demokrat), Esthon Leyloh Foenay-Christian Rotok (PAN dan Gerindra).

Dua pasalon lainnya yakni Marianus Sae-Emelia Julia Nomleni (PDIP dan PKB), Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Adreanus Nae Soi (Hanura, Golkar, dan Nasdem).

Sedangkan di KPU kota/kabupaten wilayah NTT menerima pendaftaran bakal paslon, yakni:

Kabupaten Kupang: Hendrik Paut-Aljery Esau Monas (PKPI dan Demokrat), Korinus Masneno-Jerry Manafe (Golkar dan Nasdem), Selfester M Banfatin-Johannis Silvester Ottemoesoe (PAN dan Gerindra).

Kemudian Melianus Akulas- Joao Antonio de Jesus Costa (Perseorangan), Nelson O Matara-Bernard Paulus Thomas Wellem Bait (PDIP dan PKB).

Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Ampere Seke Selan- Yaan Mazrich Jermias Tanaem (PKS dan Demokrat), Johanis Lakapu-Yefta AL Mella (Gerindra dan PKB), Obed Naitboho-Alexander Kase (PAN, PKPI dan Nasdem), Egusen Piether Tahun-Johny Army Konay (Golkar dan Hanura).

Kabupaten Alor, Immanuel Ekadianus Blegur-Taufik Nampira (Hanura, PKB, PKPI, dan Golkar), Amon Djobo-Imran Duru (Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, PDIP, PKS dan Nasdem)

Kabupaten Sikka, Alexander Longginus-Fransiskus Stephanus Say (PAN, Gerindra dan PDIP), Yoseph Ansar Rera-Rafael Raga (PPP, PKS, Demokrat, Golkar, PKPI, dan Nasdem), dan Fransiskus Roberto Diogo-Romanus Woga (Perseorangan).

Kabupaten Ende, Don Bosco M Wangge- Munawar A. Achmad (PAN dan Gerindra), Marselinus YW Petu-Djafar Achmad (PKS, PDIP, PKPI, PKB, Demokrat, Nasdem dan Golkar), Rafael Ngala-Antonius Tonggo (perseorangan).

Kabupaten Rote Ndao, Bima Theodorianus Fanggidae-Erenst Salmun Zadrak Pella (PAN, Demokrat, dan Gerindra), Mesakh Nitanel Nunuhitu-Samuel Conny Penna (Hanura dan PPP), Jonas Cornelius Lun- Adolfina Elisabeth Koamesakh (PDIP dan PKB), Paulina Haning Bullu-Stefanus Saek (Golkar dan Nasdem).

Kabupaten Nagekeo, Johanes Don Bosco Do-Marianus Waja (PKB dan Gerindra), Elias Djo-Servasius Phodi (PKS, Demokrat, PAN dan Golkar), Gaspar Batubata-Ndait Adrianus (Hanura dan PKPI), Paskalis MB Kedo Bude-Oskarianus Meta (Perseorangan), Paulinus Yohanes Nuwa Veto-Marselinus F Ajo Bupu (PDI-P dan Nasdem).

Kabupaten Sumba Tengah, Paulus SK Limu-Daniel Landa (Hanura dan PKPI), Umbu M Marisi-Tagela Ibi Sola (PKS dan Nasdem), Umbu Besi-Umbu Windi (Perseorangan), Umbu Dondu- Samuel Saki Pekulimu (Gerindra-dan Golkar), Umbu S Samapaty-Marthinus Umbu Djoka (PDIP dan PBB).

Kabupaten Sumba Barat Daya, Dominggus Dama-Kornelis Tanggu Bore (PKPI, Gerindra, PBB, PKB, dan PPP), Kornelius Kodi Mete-Marthen Christian Taka (Demokrat, Hanura, PAN, dan PDI-P), Markus Dairo Talu-Gerson Tanggu Dendo (PKS, Golkar, dan Nasdem).

Terakhir Kabupaten Manggarai Timur, Agas Andreas-Jaghur Stefanus (PKS, PBB dan PAN), Bonefasius Uha-Fransiskus Anggal (Perseorangan), Marselis S-Sirajudin Paskalis (Demokrat, PDIP dan Nasdem), Fransiskus Sarong-Kasmir Don (Gerindra dan Golkar), Tarsisius Sjukur-Yoseph Byron Aur (PKPI, Hanura dan PKB).

Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe mengatakan, semua berkas pendaftaran sudah diterima dan dinyatakan lengkap. Selanjutnya para paslon akan mengikuti sejumlah tahapan.

Menurut Maryanti, KPU akan melakukan verifikasi bakal calon mulai dari 10-16 Februari 2018. Jika ditemukan kekurangan berkas, maka KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu memberikan waktu untuk perbaikan dokumen.

“Khusus untuk empat pasangan bakal calon gubernur memenuhi syarat pendaftaran dan saat ini mereka sedang mengikuti tahapan proses selanjutnya,” ujarnya.

KPU, lanjutnya, akan melakukan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 12 Februari 2018. Sedangkan pengundian nomor urut pasangan calon pada 13 Februari 2018. (*/bp)

Komentar ANDA?