Selasa, 19 Juni 2018

news flash

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Besok Malam

Juni 12th, 2018 | by Bonne Pukan
Puncak Arus Mudik Diperkirakan Besok Malam
Ekbis
0
Foto: Suasana di dermaga Pelabuhan Laurens Say, Senin (11/6) malam

NTTsatu.com – MAUMERE– Intensitas arus mudik di wilayah Kabupaten Sikka kini mulai tinggi, terutama melewati jalur laut. Manajemen PT Pelni Cabang Maumere memperkirakan penumpang yang akan mudik melalui Pelabuhan Laurensius Say Maumere, akan berpuncak pada besok Rabu (13/6) malam.

Menurut informasi, pada Rabu (13/6) malam KM Bukit Siguntang dari Makasar akan bersandar di Pelabuhan Laurens Say Maumere. Diperkirakan kapal motor penumpang ini akan mengangkut mengangkut ribuan penumpang yang hendak mudik, dengan berbagai daerah tujuan di wilayah Flores dan Lembata.

“Sementara ini arus mudik masih normal saja, memang ada lonjakan penumpang, tetapi tidak terlalu jauh berbeda dengan pelayaran rutin sesuai jadwal. Saya perkirakan puncak arus mudik sepertinya akan terjadi pada Rabu  malam,” jelas Kepala Cabang PT Pelni Maumere Achmad Syafran, Senin (11/6).

KM Bukit Siguntang itu sendiri baru saja lepas tali dari Pelabuhan Laurens Say pada Senin (11/6) sekitar pukul 23.15 Wita. Datang dari Pelabuhan Tenau Kupang, KM Bukit Siguntang mengangkut 1.430 penumpang, di mana sebanyak 615 penumpang yang turun di Maumere, dan sisanya 835 penumpang melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Makasar. Dari Maumere, naik lagi sebanyak 587 penumpang.

Untuk melayani penumpang yang hendak mudik ke Flores dan Lembata, setelah tiba di Pelabuhan Makasar pada Selasa (12/6), KM Bukit Siguntang akan kembali lagi ke Pelabuhan Laurens Say. Pada trip yang berikut inilah yang diperkirakan KM Bukit Siguntang akan mengangkut ribuan penumpang tujuan Flores dan Lembata.

Pantauan media ini, Senin (11/6) malam, ribuan penumpang memadati Pelabuhan Laurens Say Maumere. Malam itu ada dua kapal penumpang yang bersandar yakni KM Sirimau dan KM Bukit Siguntang. Sesuai jadwal, dua kapak itu akan tiba dalam waktu yang berdekatan.

KM Sirimau tiba lebih dulu sekitar pukul 21.05 Wita. Tercatat 482 penumpang yang turun di Pelabuhan Laurens Say, 835 penumpang yang melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikut, dan 587 penumpang yang naik. Sirimau melanjutkan pelayaran ke Bau-Bau, Wanci, Ambon, Sorong, Manokwari, dan Nabire. Satu jam kemudian setelah Sirimau lepas tali, bersandar lagi Bukit Siguntang.

Jumlah penumpang yang turun dari dua kapal sebanyak 1.097 orang, sedangkan yang naik sebanyak 1.294 orang. Aparat kepolisian memperketat jalur keluar masuk dari dan ke pelabuhan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain memperketat jalur keluar masuk, aparat keamanan juga memeriksa barang-barang yang dibawa penumpang, terutama dos-dos yang mencurigakan. Kepolisian mengantisipasi sedini mungkin, sehingga seluruh aktifitas arus mudik berjalan dengan aman dan tertib.

Meski pengamanan dilakukan secara ketat, namun masih saja ada oknum-oknum penumpang, pengantar, atau penjemput yang dengan seenaknya menerobos pintu keluar masuk dermaga. Terkadang sempat terjadi debat mulut antara petugas keamanan dengan oknum-oknum tersebut. (vic)

Komentar ANDA?