Sabtu, 23 Februari 2019

news flash

Soal Kopi Luwak Menyala Saat Dibakar, Ini Penjelasan BPOM

September 30th, 2018 | by Bonne Pukan
Soal Kopi Luwak Menyala Saat Dibakar, Ini Penjelasan BPOM
Kesehatan
0
Foto: Inilah salah satu kopi Luwak yang ditujukan dalam video viral

 

NTTsatu.com -JAKARTA – Sebuah video viral di media sosial, menampilkan beberapa orang yang menyulut serbuk kopi luwak dengan api. Serbuk tersebut berkobar untuk sesaat. “Bubuk mesiu!” sebut salah seorang di antaranya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) langsung merespons lewat sebuah siaran pers. Dengan tegas, BPOM menyebut produk kopi yang disebutkan telah melalui evaluasi keamanan dan mutu serta telah mendapat nomor izin edar. Lalu kenapa bisa menyala?

“Hal ini terjadi karena produk tersebut berbentuk serbuk, ringan dan berpartikel halus serta mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah sehingga mudah terbakar dan menyala,” tulis BPOM, Minggu (30/9/2018).

 

 

 

Foto: Inilah pe njelasan BPOM tentang video viral kopi luwak

Produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon), kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar/menyala jika disulut dengan api

Dijelaskan sebelumnya, produk pangan yang mengandung rantai karbon atau ikatan antar karbon, kadar air rendah. berwujud tipis dan berpori, akan menyala atau terbakar saat disulut dengan api. Produk lain yang juga menyala saat disulut api adalah terigu, merica bubuk, cabe bubuk, putih telur, pati jagung, biji-bijian, serta kentang.

“Hal ini bukan berarti bahan pangan tersebut berbahaya atau tidak aman untuk dikonsumsi,” lanjut pernyataan tersebut.

Tak lupa BPOM juga menyerukan untuk menjadi konsumen yang cerdas. (*/bp)

Komentar ANDA?