Kamis, 18 Juli 2019

news flash

Soal Penarikan Guru PNS dari Sekolah Swasta Harus Dikaji Serius

Februari 1st, 2019 | by Bonne Pukan
Soal Penarikan Guru PNS dari Sekolah Swasta Harus Dikaji Serius
Pendidikan
0
NTTsatu.com -JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah meminta penarikan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sekolah swasta jangan dilakukan terburu-buru karena menimbulkan efek kegaduhan di daerah-daerah. Perlu ada kajian yang mendalam dan serius.
Karena, kata Ferdiansyah, pihak sekolah masih butuh waktu untuk melakukan persiapan terkait kebijakan pemerintah pusat yang sedang berupaya melakukan pemetaan distribusi guru PNS di sekolah-sekolah swasta.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan Tim Panja memperoleh masukan terkait dampak dari penarikan guru-guru PNS dari sekolah swasta, antara lain mempengaruhi pembiayaan sekolah dalam skema penggajian.

“Ini efeknya sekolah swasta mau tidak mau menaikkan biaya pendidikan untuk menutupi operasional gaji guru-gurunya,” imbuh Ferdiansyah di Jakarta, Kamis (31/1/2019) seperti dirilis koranindonesia.id

Kemudian, kompetensi guru PNS yang sudah tersedia tidak serta-merta bisa digantikan oleh guru baru yang notabene belum memiliki standar kompetensi sesuai kebutuhan sekolah. Dan hal lainnya,  kualitas guru-guru PNS yang diperbantukan di sekolah swasta masih diperlukan untuk menjaga meningkatkan standar kompetensi pendidikan di sekolah tersebut.

“Uji kompetensi yang akhirnya mengarah kepada sertifikasi harus dibuat periodik. Bagaimana selayaknya seperti kita memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi). Karena kompetensi itu harus dilihat dan ditinjau melalui sistem periodesasi. Tidak ada profesi apapun ketika sudah mendapatkan sertifikasi lalu tidak ada tinjauan ulang di kemudian hari karena perlu evaluasi setiap periodesasinya,” tandas legislator dapil Jawa Barat XI ini. (*/gan)

 

Komentar ANDA?