Selasa, 19 Juni 2018

news flash

Surat Suara Pilbup Sikka Mulai Disortir

Juni 13th, 2018 | by Bonne Pukan
Surat Suara Pilbup Sikka Mulai Disortir
Polkam
0

NTTsatu.com -MAUMERE – – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka mulai melakukan sortir surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sikka Tahun 2018. Sortir surat suara dilakukan sejak Selasa (12/6), oleh 47 tenaga yang membantu lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut. 

Hari pertama sortir surat suara” hanya dilakukan beberapa jam saja dari pukul 14.00 Wita hingga pukul 17.30 Wita. KPU Sikka mengalami kendala karena tenda pada tempat penyortiran surat suara belum dilengkapi lampu penerangan. Rencananya KPU Sikka akan memasang lampu sehingga kegiatan sortir surat suara pada hari kedua dan seterusnya bisa dilaksanakan hingga malam hari.

Jurubicara KPU Sikka Fery Soge yang ditemui di sela-sela sortir surat suara, Rabu (13/6), menjelaskan surat suara Pilbup Sikka yang akan disortir yakni sebanyak 195.448 lembar. Sementara fisik surat suara yang sudah diterima KPU Sikka baru sebanyak 183.448 lembar, atau masih terdapat kekurangan 12.000 lembar. Rencananya hari ini, Rabu (13/6), PT Temprina Media Grafika selaku percetakan akan mengirim kekurangan surat suara.

Sampai dengan hari pertama sortir surat suara, 47 tenaga penyortir sudah menyortir sebanyak 20.011 lembar. Hasil sortiran ini kemudian dihtung kembali oleh KPU Sikka untuk memastikan jumlah yang telah disortir. Namun setelah dihitung kembali, ternyata yang sudah disortir baru 19.960 lembar atau kelebihan hitung sebanyak 51 lembar.

Fery Soge menjelaskan perbedaan hitungan jumlah surat suara yang disortir karena ketidaktelitian para penyortir dalam menghitung jumlah surat suara yang sudah disortir. KPU Sikka meminta penyortir memisahkan 25 lembar surat suara dalam satu ikatan tersendiri. Ternyata ditemukan ada sejumlah ikatan yang jumlahnya tidak sampai 25, atau berkurang rata-rata 1-3 lembar surat suara.

Dari kegiatan sortir surat suara pada hari pertama, ditemukan ada 3 lembar surat suara yang dikategorikan sebagai rusak atau cacat. KPU Sikka telah mencatat temuan ini, untuk seterusnya disampaikan kepada pihak percetakan guna mendapatkan penggantinya.
Pantauan media ini pada Rabu (13/6), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kabupaten Sikkan melakukan pengawasan pelaksanaan sortir surat suara hari kedua.

Selain itu terlihat juga Kasat Intel Polres Sikka Silvanus Hardi. Ketua KPU Sikka Vivano Bogar serta komisioner lainnya seperti Fery Soge dan Elsy Puspitasari ikut juga memantau aktifitas penyortitan surat suara.

Fery Soge menargetkan sortir surat suara Pilbup Sikka akan diselesaikan hari ini. Setelah itu KPU Sikka akan beralih fokus untuk kegiatan sortir surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT Tahun 2018. Surat suara Pilgub NTT telah tiba Rabu (13/6) siang tadi, diantar oleh ekspedisi CV Alam Jaya dari Kabupaten Ende. (vic)

 

Foto: Sejumlah personil sementara melakukan sortir surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2018 di halaman Kantor KPU Sikka, Rabu (13/6);

Komentar ANDA?