Selasa, 19 Juni 2018

news flash

Surat Suara Pilgub untuk Flotim Nyaris Nyasar di Sikka

Juni 13th, 2018 | by Bonne Pukan
Surat Suara Pilgub untuk Flotim Nyaris Nyasar di Sikka
Polkam
0

NTTsatu.com – MAUMERE– Satu buah truk ekspedisi CV Alam Jaya dari Kabupaten Ende, Rabu (13/6), membawa sebanyak 175 dos surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT Tahun 2018 untuk Kabupaten Sikka dan Flores Timur. Satu dos surat suara untuk Flores Timur nyaris saja nyasar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka.

Kondisi ini diketahui setelah petugas ekspedisi menurunkan dos-dos yang berisi surat suara dari atas truk. Mereka menurunkan sebanyak 98 dos, yang pada bagian depannya tertulis Satker Kabupaten Sikka.

Sementara sesuai bukti pengiriman dari percetakan PT Temprina Media Grafika, Kabupaten Sikka mendapat kiriman 97 dos. Karena terjadi selisih satu dos, petugas ekspedisi terpaksa menyusun ulang lagi sesuai urutan nomor dos. Penghitungan kembali jumlah dos surat suara untuk Kabupaten dibantu oleh sejumlah aparat keamanan dari Kodim 1603 Sikka.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kabupaten Sikka mengasasi ketat penghitungan jumlah dos surat suara. Dari penghitungan ulang tersebut akhirnya diketahui terdapat satu dos yang seharusnya untuk Kabupaten Flores Timur.

Hal itu diketahui pada sampul yang dilekatkan pada setiap dos, di mana pada salah satu dos tertulis jelas Satker Flores Timur. Dos untuk Flores Timur ini kemudian dinaikkan lagi ke kendaraan ekspedisi.

Yuven, sopir ekspedisi menerangkan pihaknya membawa 175 dos surat suara Pilgub, di mana untuk Kabupaten Sikka sebanyak 97 dos, dan untuk Kabupaten Flotim sebanyak 78 dos. Dia mengaku terjadi kekeliruan penempatan sehingga satu dos yang seharusnya diturunkan di KPU Flotim ternyata diturunkan di KPU Sikka.

“Syukur sekali tadi pihak keamanan sempat menghitung jumlah dos yang kami turunkan. Sehingga semuanya sudah clear, tidak ada masalah. Terima kasih pihak keamanan sudah bisa membantu kelalaian kecil kami,” ungkap Yuven.

Jurubicara KPU Sikka Fery Soge menjelaskan surat suara Pilgub NTT yang sudah masuk berjumlah 193.118 lembar, dimana 96 dos masing-masing berisi 2.000 lembar, sedangkan 1 dos berisi 1.118 lembar. Dari jumlah surat suara yang sudah masuk ini, dia mengaku masih terdapat kekurangan sebanyak 2.330 lembar.

Terhadap kekurangan surat suara Pilgub NTT, Fery Soge mengaku sudah menyampaikan secara lisan kepada Ketua KPU NTT. Dari Kupang, Ketua KPU NTT menjelaskan pihaknya akan mengirim 330 lembar surat saja. Sedangkan 2.000 lembar surat suara untuk pemilihan susulan akan dikirim kemudian jika terjadi pemilihan susulan. (vic)

 

Foto: Surat suara untuk Pemilihan Gubernur NTT Tahun 2018 tiba di Kantor KPU Sikka, Rabu (13/6);

Komentar ANDA?