Minggu, 18 November 2018

news flash

Wagub NTT Jadi Narasumber Sarasehan Nasional Hari Tata Ruang

November 5th, 2018 | by Bonne Pukan
Wagub NTT Jadi Narasumber Sarasehan Nasional Hari Tata Ruang
Polkam
0
NTTsatu.com – KUPANG- Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur, Drs. Josef Nae Soi, M.M akan menjadi salah satu Narasumber Sarasehan Nasional dengan tema “PEMIMPIN, POLITIK & TATA RUANG” yang akan diselengarakan, lusa,  Selasa, 06 November 2018. Sarasehan diselenggarakan oleh Pengurus Komisariat Provinsi Nusa Tenggara Timur Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP)
Hal ini disampaikan Micky Natun, ST, M.Si selaku Ketua Panitia Sarasehan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2018Micky didampingi Sekretaris Komisariat Provinsi NTT IAP , Leonardus Manggol, ST, Mplan, menjelaskan, kepastian ini disampaikan wagub Josef Nae Soi pada saat Audiensi Pengurus Komisariat IAP NTT &PanitiaSarasehan Hari Tata Ruang Nasional Tingkat Provinsi NTT Tahun 2018 beberapa waktu lalu, di ruang kerjaWakil GubernurProvinsi Nusa Tenggara Timur.

Micky Natun melanjutkan, Wagub NTT juga sangat menyambut baik kegiatan ini karena beliau merasa prihatin dengan pelaksanaan pembangunan di NTT yang masih kurang terintegrasi dan selaras dengan karakteristik wilayah yang ada.

Padahal menurut wagub, Provinsi NTT memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif baik secara geografis, geopolitik, dan geoekonomi yang didukung oleh  tata ruang wilayah nasional dimana beberapa wilayahnya ditetapkan Sebagai kawasan Strategis Nasional serta Kawasan Strategis Provinsi dan Kabupaten.

Hal-hal seperti ini menimbulkan banyak masalah pada pembangunan Infrastruktur yang tidak efisien dan efektif. Beliau mencontohkan beberapa pengalaman beliau tentang hebatnya budaya disiplin masyarakat dan pemerintah lokal di beberapakota yang telahmapan di luar negeri untuk mematuhi rencana tata ruang yang telah disetujui.

Josef Nae Soi, mengatakan, terlepas dari kondisi faktual, dimana masih terdapat kekurangan dalam hal sinkronisasi penyediaan kebutuhan ruang yang layak huni, layak investasi, dan persoalan peningkatan kualitas sumber daya manusia di NTT, para pemimpin daerah baik Gubernur, Walikota, dan Bupati di NTT harus berani menjawab tantangan tersebut di tengah arus urbanisasi, perubahan iklim dan bonus demografi yang cukup besar.

Sekretaris Komisariat NTT IAP, Leonardus Manggol menambahkan, pengalaman beliau sebagai mantan anggota Komisi V DPR-RI untuk Pansus Pembentukan Undang-undang 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang bersama mantanWakil Menteri Pekerjaan Umum, Dr. Ir. Achmad Hermanto Dardak, M.Sc akan memperkaya proses advokasi mengenai pentingnya penataan ruang kepada Kepala Daerah dan pemangku kepentingan di setiap Kabupaten/Kota di NTT.

“Beliau mengharapkan melalui kegiatan ini pemahaman terhadap asas manfaat perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian ruang wilayah dan kota dari para pemimpin daerah dan anggota legislatif dapat lebih meningkat. Karena Politik Tata Ruang telah menjadi magnet baru bagi masyarakat Indonesia dalam memilih pemimpin seperti yang dilakukan Presiden Jokowi, Ahok di DKI Jakarta, Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Tri Rismaharini di Kota Surabaya,” kata Nae Soi seperti dikutib Manggol.

Josef Nae Soi menambahkan, bahwa dirinya dan Gubernur NTT, Victor Laiskodat sedang terus berupaya meningkatkan reformasi birokrasi dan kapasitas sumberdaya ASN khususnya pada bidang teknis untuk dapat mewujudkan pembangunan yang berkualitas di NTT.

Josef Nae Soi juga menambahkan perlunya keterbukaan di dalam sistem birokrasi untuk menerima tenaga-tenaga muda yang memiliki konsep-konsep baru yang inovatif bagi pembangunan kesejahteraan di Provinsi NTT. (*/bp)

======

Foto: Wagub NTT, Josef Nae Soi ketika beraudiensi dengan pengurus  Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) beberapa waktu lalu di ruang kerjanya

Komentar ANDA?