Wagub Tatap Muka Dengan Guru dari Amerika yang Mengajar di Kupang

0
644

NTTsatu.com  – KUPANG  – Wakil Gubernur NTT Yosef A. Nae Soi mengadakan tatap muka dengan para relawan dari Amerika Serikat yang mengajar Bahasa Inggris di sejumlah SMK Negeri, SMA Negeri baik di Kota Kupang maupun di Kabupaten Kupang dan TTS.

Para relawan yang semuanya berpendidikan S1 dalam berbagai bidang ini memberikan penguatan kapasitas berbahasa Inggris bagi anak-anak di NTT. Mereka bergabung dalam Peace Corps.

Peace Corps adalah Lembaga Independen AS yang menyediakan Relawan untuk Negara-negara pengundang di seluruh dunia. Saat ini lebih dari 7000 Relawan Peace Corps bekerja di 61 Negara.

Kehadiran Peace Corps di Indonesia adalah atas permintaan Pemerintahan Indonesia dan sebagai bagian dari kemitraan komprehensif di bidang pendidikan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Peace Corps di Indonesia secara aktif dimulai tahun 2010 di Jawa Timur.

Ada 18 Relawan Peace Corps bekerja di SMAN dan MAN di Jatim. Tahun 2012 Peace Corps memperluas programnya di Jawa Barat. Per Januari 2020,  119 Relawan bertugas di SMP, SMA, SMK, MTs dan MA di Jawa Timur, Jawa Barat dan NTT.

Penempatan relawan Peace Corps di NTT dimulai sejak Juli 2016 sebagai Pilot Project. Sejak Agustus 2019 ditetapkan sebagai program permanen.

Wagub Nae Soi mengungkapkan bahwa kehadiran para guru ini telah memberi banyak sekali manfaat bagi dunia pendidikan di daerah ini.

“Saat ini baru tiga kabupaten, kita berharap bisa meluas ke beberapa kabupaten di NTT nantinya,” kata wagub. (bp)

Komentar ANDA?