๐‘ท๐‘จ๐‘ฐ๐‘ต ๐‘น๐‘จ๐‘ป๐‘ผ: ๐‘ด๐‘ฐ๐‘บ๐‘ฒ๐‘ฐ๐‘ต ๐‘บ๐‘จ๐‘ด๐‘ท๐‘จ๐‘ฐ ๐‘ด๐‘จ๐‘ป๐‘ฐ (๐‘ช๐’‚๐’•๐’‚๐’•๐’‚๐’ ๐’•๐’†๐’๐’•๐’‚๐’๐’ˆ ๐‘ผ๐’”๐’Œ๐’–๐’‘ ๐‘จ๐’๐’•๐’๐’ ๐‘ท๐’‚๐’Š๐’ ๐‘น๐’‚๐’•๐’–, ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ)

0
910

Oleh: Robert Balaย 

Hal apa yang paling menarik dari Uskup Anton Pain Ratu, SVD yang lahir 2 Januari 1929 dan wafat 6 Januari 2024? Bagi saya, sebuah pertemuan bisa menjawab hal ini. Tetapi sebuah pertemuan kecil pada Natal 1988 sudah memberikan jawaban: kemiskinannya.

Saat itu, sahabat saya seasal dari Tanah Boleng, ๐‘ท. ๐‘ด๐’‚๐’•๐’Š๐’‚๐’” ๐‘ซ๐’‚๐’•๐’๐’ ๐‘ซ๐’๐’๐’Š, ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ (๐’Œ๐’Š๐’๐’Š ๐’Ž๐’Š๐’”๐’Š๐’๐’๐’‚๐’“๐’Š๐’” ๐’…๐’Š ๐‘ช๐’‰๐’Š๐’๐’†), yang saat itu masih menjadi novis SVD Nenuk, mengajak saya bersalaman dengan Uskup Atambua. Karena dianggap keluarga, Uskup yang baru 3 tahun sebagai Uskup (1984, sebelumnya uskup tituler dari 1982) mengajak kami ke kamarnya. Sebuah kamar yang serba sederhana. Tidak banyak barang yang dimiliki dalam kamar.

Karena diajak duduk lebih lama, saya melihat keluar dari kamar. Ada emperan kecil dan di emperan itu ada barbel. ๐‘ฉ๐’–๐’Œ๐’‚๐’ ๐‘ฎ๐’Š๐’“๐’Š๐’Œ ๐‘ฉ๐’‚๐’“๐’ƒ๐’†๐’ ๐‘ซ๐’–๐’Ž๐’ƒ๐’ƒ๐’†๐’๐’ ๐’ƒ๐’–๐’‚๐’•๐’‚๐’ ๐’‘๐’‚๐’ƒ๐’“๐’Š๐’Œ ๐’•๐’‚๐’‘๐’Š ๐’ƒ๐’‚๐’“๐’ƒ๐’†๐’ ๐’š๐’‚๐’๐’ˆ ๐’…๐’Š๐’ƒ๐’–๐’‚๐’• ๐’…๐’‚๐’“๐’Š ๐’”๐’†๐’Ž๐’†๐’. ๐‘ผ๐’”๐’Œ๐’–๐’‘ ๐‘จ๐’๐’•๐’๐’ ๐’๐’‚๐’๐’– ๐’”๐’‚๐’Ž๐’‘๐’‚๐’Š๐’Œ๐’‚๐’ ๐’ƒ๐’‚๐’‰๐’˜๐’‚ ๐’…๐’Š๐’‚ ๐’ƒ๐’†๐’“๐’๐’๐’‚๐’‰๐’“๐’‚๐’ˆ๐’‚ ๐’”๐’†๐’•๐’Š๐’‚๐’‘ ๐’‰๐’‚๐’“๐’Š ๐’…๐’†๐’๐’ˆ๐’‚๐’ ๐’Ž๐’†๐’๐’ˆ๐’‚๐’๐’ˆ๐’Œ๐’‚๐’•-๐’Ž๐’†๐’๐’–๐’“๐’–๐’๐’Œ๐’‚๐’ ๐’ƒ๐’‚๐’“๐’ƒ๐’†๐’ ๐’Š๐’•๐’–. Murah tetapi dibuat secara konsisten. Hal itu tentu bukan sekadar basa-basi. Konsistensi pada olahraga itulah yang barangkali turut berpengaruh mengantarnya hingga berusia 95 tahun, yang dirayakan 3 hari sebelum ia wafat.

๐Š๐จ๐ง๐ญ๐ซ๐š๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข โ€“ ๐ˆ๐ซ๐จ๐ง๐ข

Menyaksikan kemiskinan saat ia baru saja โ€˜menempati takhta uskupโ€™ menjadi kesan kuat untuk sejak saat itu berpikir bahwa Pain Ratu memang berbeda. Dengan pengalamannya yang sangat luas dengan kontaknya yang mendunia, maka model kemiskinan seperti itu kontradiktif lagi ironis.

Sudah di tahun 1966, ๐‘ท๐’‚๐’Š๐’ ๐‘น๐’‚๐’•๐’– ๐’”๐’–๐’…๐’‚๐’‰ ๐’Ž๐’†๐’๐’‚๐’๐’ˆ๐’๐’‚๐’๐’ˆ ๐’ƒ๐’–๐’‚๐’๐’‚ ๐’…๐’Š ๐‘ฑ๐’†๐’“๐’Ž๐’‚๐’ ๐’–๐’๐’•๐’–๐’Œ ๐’Œ๐’–๐’“๐’”๐’–๐’” ๐’ƒ๐’‚๐’‰๐’‚๐’”๐’‚ ๐’”๐’†๐’๐’‚๐’Ž๐’‚ ๐’‰๐’‚๐’Ž๐’‘๐’Š๐’“ ๐’”๐’†๐’•๐’‚๐’‰๐’–๐’. ๐‘ฐ๐’‚ ๐’๐’‚๐’๐’– ๐’Œ๐’† ๐‘ณ๐’Š๐’—๐’†๐’“๐’‘๐’๐’๐’ ๐‘ฐ๐’๐’ˆ๐’ˆ๐’“๐’Š๐’” (1967) untuk memahirkan bahasa Inggrisnya sebagai persiapan belajar di ๐‘ฌ๐‘จ๐‘ท๐‘ฐ (๐‘ฌ๐’‚๐’”๐’• ๐‘จ๐’”๐’Š๐’‚๐’ ๐‘ท๐’‚๐’”๐’•๐’๐’“๐’‚๐’ ๐‘ฐ๐’๐’”๐’•๐’Š๐’•๐’–๐’•๐’†) ๐’‘๐’‚๐’…๐’‚ ๐‘ผ๐’๐’Š๐’—๐’†๐’“๐’”๐’Š๐’•๐’‚๐’” ๐‘จ๐’•๐’†๐’๐’†๐’ ๐’…๐’† ๐‘ด๐’‚๐’๐’Š๐’๐’‚ (1968-1970) hingga mendapatkan gelar BA dan MA bidang Pendidikan Religius.

Dari segi jabatan pemerintahan, Pain Ratu bukan orang sembarangan. 1962-1966 ๐’Š๐’‚ ๐’”๐’–๐’…๐’‚๐’‰ ๐’Ž๐’†๐’๐’‹๐’‚๐’…๐’Š ๐’‚๐’๐’ˆ๐’ˆ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ซ๐‘ท๐‘น ๐‘ฎ๐‘น ๐‘ฒ๐’‚๐’ƒ๐’–๐’‘๐’‚๐’•๐’†๐’ ๐‘ป๐‘ป๐‘ผ. ๐‘ฑ๐’‚๐’ƒ๐’‚๐’•๐’‚๐’ ๐’Š๐’•๐’– ๐’Œ๐’†๐’Ž๐’ƒ๐’‚๐’๐’Š ๐’…๐’Š๐’†๐’Ž๐’ƒ๐’‚๐’๐’๐’š๐’‚ ๐’”๐’‚๐’‚๐’• ๐’”๐’†๐’๐’†๐’”๐’‚๐’Š ๐’ƒ๐’†๐’๐’‚๐’‹๐’‚๐’“ ๐’…๐’Š ๐‘ญ๐’Š๐’๐’Š๐’‘๐’Š๐’๐’‚ (1970-1972).

Ternyata jabatan pemerintahan itu hanyalah awal. Ia kemudian diangkat menjadi ๐‘น๐’†๐’ˆ๐’Š๐’๐’๐’‚๐’ ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ ๐‘ป๐’Š๐’Ž๐’๐’“ (1972-1979). ๐‘บ๐’†๐’ƒ๐’–๐’‚๐’‰ ๐’‹๐’‚๐’ƒ๐’‚๐’•๐’‚๐’ 3 ๐’Œ๐’‚๐’๐’Š ๐’ƒ๐’†๐’“๐’•๐’–๐’“๐’–๐’•-๐’•๐’–๐’“๐’–๐’• ๐’…๐’Š ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ ๐’‰๐’‚๐’ ๐’Ž๐’‚๐’๐’‚ ๐’•๐’Š๐’…๐’‚๐’Œ ๐’ƒ๐’Š๐’‚๐’”๐’‚ ๐’•๐’†๐’“๐’‹๐’‚๐’…๐’Š ๐’Œ๐’‚๐’“๐’†๐’๐’‚ ๐’‰๐’‚๐’๐’š๐’‚ ๐’ƒ๐’Š๐’”๐’‚ 2 ๐’Ž๐’‚๐’”๐’‚ ๐’‹๐’‚๐’ƒ๐’‚๐’•๐’‚๐’.

Dari jabatan regional, Pain Ratu diangkat menjadi ๐‘จ๐’๐’ˆ๐’ˆ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ซ๐’†๐’˜๐’‚๐’ ๐‘ฑ๐’†๐’๐’…๐’†๐’“๐’‚๐’ ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ ๐’…๐’Š ๐‘น๐’๐’Ž๐’‚ (1979-1982). ๐‘ซ๐’†๐’๐’ˆ๐’‚๐’ ๐’‹๐’‚๐’ƒ๐’‚๐’•๐’‚๐’ ๐’Š๐’๐’Š, ๐‘จ๐’๐’•๐’๐’ ๐’‰๐’‚๐’“๐’–๐’” ๐’ƒ๐’†๐’“๐’Œ๐’†๐’๐’Š๐’๐’Š๐’๐’ˆ ๐’Œ๐’† ๐’”๐’†๐’๐’–๐’“๐’–๐’‰ ๐’…๐’–๐’๐’Š๐’‚ ๐’Ž๐’†๐’๐’ˆ๐’‚๐’…๐’‚๐’Œ๐’‚๐’ ๐’—๐’Š๐’”๐’Š๐’•๐’‚๐’”๐’Š ๐’Œ๐’† ๐’‰๐’‚๐’Ž๐’‘๐’Š๐’“ ๐’”๐’†๐’Ž๐’–๐’‚ ๐’•๐’†๐’Ž๐’‘๐’‚๐’• ๐’…๐’Š ๐’Ž๐’‚๐’๐’‚ ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ ๐’ƒ๐’†๐’“๐’Œ๐’‚๐’“๐’š๐’‚. Bisa dipastikan kemampuan berbahasa harus sangat baik. Malah anggota dewan harus belajar bahasa lain dalam waktu singkat agar bisa lebih berkomunikasi saat kunjungan.

Aneka jabatan ini hanyalah awal yang mengantarnya menjadi ๐‘ผ๐’”๐’Œ๐’–๐’‘ ๐‘จ๐’–๐’Œ๐’”๐’Š๐’๐’Š๐’†๐’“ ๐‘จ๐’•๐’‚๐’Ž๐’ƒ๐’–๐’‚ (1982-1984) ๐’…๐’‚๐’ ๐‘ผ๐’”๐’Œ๐’–๐’‘ ๐‘จ๐’•๐’‚๐’Ž๐’ƒ๐’–๐’‚ (1984-2007).

Dengan demikian ๐ฌ๐ž๐œ๐š๐ซ๐š ๐ฉ๐ž๐ซ๐ฌ๐จ๐ง๐š๐ฅ, ๐๐š๐ข๐ง ๐‘๐š๐ญ๐ฎ ๐ฆ๐ž๐ฆ๐š๐ง๐  ๐›๐ฎ๐ค๐š๐ง ๐จ๐ซ๐š๐ง๐  ๐ฌ๐ž๐ฆ๐›๐š๐ซ๐š๐ง๐ ๐š๐ง. ๐Ž๐ซ๐š๐ง๐  ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ค๐š๐ฒ๐š ๐๐š๐ซ๐ข ๐ฌ๐ž๐ ๐ข ๐ฉ๐ž๐ง๐ ๐š๐ฅ๐š๐ฆ๐š๐ง, ๐ฃ๐š๐›๐š๐ญ๐š๐ง (๐›๐š๐ข๐ค ๐ ๐ž๐ซ๐ž๐ฃ๐š๐ฐ๐ข ๐ฆ๐š๐ฎ๐ฉ๐ฎ๐ง ๐๐ฎ๐ง๐ข๐š๐ฐ๐ข). ๐‰๐š๐ซ๐ข๐ง๐ ๐š๐ง๐ง๐ฒ๐š ๐ฌ๐š๐ง๐ ๐š๐ญ ๐ฅ๐ฎ๐š๐ฌ ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐๐ข๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ซ๐ข๐ง๐ฒ๐š ๐ฌ๐ž๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐จ๐ซ๐š๐ง๐  ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐›๐ข๐ฌ๐š ๐ฆ๐ž๐ฆ๐š๐ง๐ฃ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ซ๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐›๐ž๐ซ๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐Ÿ๐š๐ฌ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ. ๐“๐ž๐ญ๐š๐ฉ๐ข ๐ข๐š ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐ฅ๐ž๐›๐ข๐ก ๐๐š๐ซ๐ข ๐ฌ๐ž๐›๐ฎ๐š๐ก ๐›๐š๐ซ๐›๐ž๐ฅ ๐๐š๐ซ๐ข ๐ฌ๐ž๐ฆ๐ž๐ง. ๐ˆ๐š ๐ฆ๐ž๐ง๐ ๐ก๐š๐๐ข๐ซ๐ค๐š๐ง ๐ฆ๐จ๐๐ž๐ฅ ๐ก๐ข๐๐ฎ๐ฉ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ค๐จ๐ง๐ญ๐ซ๐š๐๐ข๐ค๐ญ๐ข๐Ÿ ๐ฅ๐š๐ ๐ข ๐ข๐ซ๐จ๐ง๐ข๐ฌ ๐e๐ง๐ ๐š๐ง ๐ฃ๐š๐›๐š๐ญ๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฉ๐ž๐ซ๐ง๐š๐ก ๐๐ข๐ž๐ฆ๐›๐š๐ง.

Maranatha

Kemiskinan yang sebenarnya dari Pain Ratu tentu bisa diukur dengan keputusannya untuk tinggal di wilayah keuskupannya hingga wafat. Sejak 2007, ia memilih Bintauni sebagai โ€˜markasnyaโ€™. Markas yang ditempatinya hampir 16 tahun). Keputusan untuk tinggal di tempat ia berkarya memang bukan keputusan yang mudah dibuat oleh para uskup yang sudah pensiun (emeritus).

Banyak uskup yang memilih untuk memilih berada di luar keuskupannya. Uskup Donatus Djagom, SVD memilih kembali ke kampung halamannya di Ranggu Manggarai (1996 โ€“ 2010). Hanya setahun terakhir oleh kondisi kesehatan, ia kembali ke Ende, dan tinggal bersama para Suster CIY, lingkungan Istana Keuskupan Agung Ende.

Uskup Darius Nggawa, SVD, setelah pensiun, ia lalu tinggal di Biara SVD Wairkalu Maumere (2004-2008). Banyak Uskup yang mempersiapkan masa pensiunnya bukan di tempat ia berkarya tetapi kembali ke tanah kelahiran dan tentunya butuh persiapan untuk bisa kembali ke kampung halaman.

Artinya setelah pensiun dari jabatan, seorang Uskup bisa memilih tinggal di mana saja. Tetapi bisa dikatakan tidak banyak yang memilih tetap berada di Keuskupan di mana ia berkarya. Ada juga yang merasa, setelah kekuasaan yang begitu lama, seorang Uskup (yang juga manusia) kadang tak bersahabat baik dengan para imamnya. Karena itu kembali ke kampung sendiri adalah pilihan terbaik.

Pain Ratu menjadi salah satu Uskup yang memilih terus ada hingga wafat di mana ia berkarya dari awal. Ia tahu bahwa di tempat itu ia tidak hanya bekerja sebagai pendatang tetapi telah menjadi orang TTU di Keuskupan Atambua, tempat di mana ia menjadi sangat fasih dalam bahasa Dawan.

Ini adalah ekspresi penyerahan diri dan ekspresi terdalam bahwa Pain Ratu adalah anak tanah. Sebagai anak tanah, ia memang harus kembali memeluk tanah di mana ia bekerja dan tidak sedikit pun ia beralih dari sana. Justru di sinilah kekayaan dirinya yang tidak bisa dibandingkan dengan kekayaan duniawi.

Di sinilah ekspresi rasa cintanya pada budaya Dawan yang tidak hanya terucap dari kata-kata tetapi bisa saja ia telah bersumpah. Ia bersumpah, bila ia kembali sebagai orang kaya karena kekayaan duniawi maka itu terkutuk. Tetapi Ia justru telah merendahkan dirinya untuk mengabdi sampai tuntas dan karena itu bisa terbayang bahwa saat menghembuskan napasnya 6 Januari 2024 pkl 10.30, yang terakhir ia hanya berseru: Maranatha : Tuhan datanglah, ke tempat di mana Ia telah mempersembahkan kemiskinannya untuk sebuah pengabdian total.

Karenanya tidak ada kata yang lebih pantas selain rasa kagum karena ia telah menjadi miskin sampai mati tetapi oleh kematiannya mendatangkan makna tidak saja bagi Keuskupan Atambua tetapi juga bagi gereja sejagat. Harta ini tentu tidak hanya dijaga oleh para Suster Tarekat Putri Maranatha (TPM) yang didirikannya 2005 tetapi harta terindah untuk Gereja sejagat.

=======

๐‘น๐’๐’ƒ๐’†๐’“๐’• ๐‘ฉ๐’‚๐’๐’‚. ๐‘ท๐’†๐’๐’ˆ๐’‚๐’ˆ๐’–๐’Ž ๐‘ด๐’ˆ๐’“ ๐‘จ๐’๐’•๐’๐’ ๐‘ท๐’‚๐’Š๐’ ๐‘น๐’‚๐’•๐’– ๐‘บ๐‘ฝ๐‘ซ. ๐‘ฒ๐’†๐’๐’‚๐’๐’ˆ๐’‚๐’ 36 ๐’•๐’‚๐’‰๐’–๐’ ๐’š๐’‚๐’๐’ˆ ๐’๐’‚๐’๐’– (๐‘ต๐’‚๐’•๐’‚๐’ 1988). ๐‘ท๐’†๐’๐’–๐’๐’Š๐’” ๐’ƒ๐’–๐’Œ๐’– ๐‘ฉ๐’†๐’“๐’ƒ๐’–๐’‚๐’‰ ๐’…๐’Š ๐‘ผ๐’”๐’Š๐’‚ ๐‘บ๐’†๐’๐’‹๐’‚ (๐‘ช๐’†๐’•๐’‚๐’Œ๐’‚๐’ ๐’Œ๐’†-2, ๐‘ฒ๐’‚๐’๐’Š๐’”๐’Š๐’–๐’”, ๐‘ฑ๐’๐’ˆ๐’‹๐’‚๐’Œ๐’‚๐’“๐’•๐’‚, 2022).

Komentar ANDA?