10 Kondisi Payudara ini Cerminan Kesehatan Tubuh Wanita

0
1941

NTTsatu.com – Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang selalu akan berubah sepanjang usia mereka. Perubahan ini lebih banyak disebabkan karena perubahan hormonal yang naik dan turun. Hamil, melahirkan, dan menyusui juga mampu mengubah bentuk payudara wanita.

Karena payudara menjadi tempat berkumpulnya hormon serta kelenjar yang rentan akan gangguan, maka kondisi kesehatannya juga perlu untuk Anda perhatikan. Selain lekat dengan isu kanker, payudara wanita ternyata juga mampu cerminkan kesehatan tubuh wanita secara keseluruhan. Penasaran? Dilansir dari boldsky.com, berikut penjelasannya

  1. Besar di satu sisi

Payudara wanita sama sekali tidak pernah simetris di antara keduanya. Salah satu selalu terlihat lebih besar daripada yang lainnya meskipun hal ini tidak terlihat.

Anda sendiri merasa bahwa payudara Anda besar di satu sisi? Jika ukurannya tidak terlalu mencolok maka jangan khawatir. Namun jika perbedaan tersebut terlihat, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter sebab bisa jadi itu tanda kanker.

  1. Pembuluh vena yang terlihat

Terkadang Anda mendapati bahwa di payudara Anda terlihat urat-urat halus? Well, jangan khawatir. Sebab ‘urat’ tersebut sebenarnya merupakan pembuluh darah vena Anda. Dan hal ini terjadi karena kulit Anda yang ‘tipis’ sehingga membuat pembuluh darah Anda terlihat.

  1. Keluar cairan

Saat Anda menyusui, wajar jika puting Anda mengeluarkan cairan sebab cairan tersebut merupakan air susu. Namun jika Anda sedang tidak menyusui dan keluar cairan, Anda patut khawatir. Terutama jika cairan tersebut berwarna seperti darah atau malah kehijauan. Sebab bisa jadi itu merupakan tanda kanker.

  1. Puting gatal

Puting Anda sering gatal? Well, bisa jadi itu pertanda kulit Anda sensitif. Entah itu sensitif terhadap bahan dari bra yang Anda pakai atau dari deterjen yang tertinggal di dalam bra Anda.

Nah, daripada tersiksa karena gatal dan payudara maupun puting Anda lecet, sebaiknya segera oleskan krim penghilang gatal begitu Anda merasa gatal.

Itulah beberapa gejala penyakit yang ternyata bisa dideteksi dari payudara Anda. Oleh karena itu mulai sekarang segera cek payudara Anda sebab siapa tahu ada bahaya kesehatan tersembunyi di baliknya.

  1. Munculnya benjolan

Di dalam payudara Anda juga rentan munculnya benjolan. Mulai dari benjolan kecil biasa hingga benjolan besar yang menjadi tanda kanker. Oleh karena itu ketika Anda mendapati ada benjolan di payudara Anda maka segera periksakan ke dokter. (sumber: merdeka.com)

Komentar ANDA?