21 Kapal Perang Kawal HARNUS di Lembata

0
246
Foto: Salah satu Kapal Milik TNI AL yang sudah ada di Lewoleba, Lembata

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Sedikitnya 21 kapal perang akan mengawal pelaksanaan Hari Nusantara yang rencananya akan dihadiri Joko Widodo (Jokowi). Sejumlah kapal sudah berada di teluk Lewoleba dan akan datang lagi sejumlah kapal lainnya.

Kehadiran kapal-kapal perang dengan sekitar seribu personil Tentara Nasional Indonesia ini untuk menjaga keamanan presiden dan menjaga keaman selama kegiatan Harnus yang akan dibuka besok, Jumat, 09 Desember 2016 dan akan berpuncak pada 13 Desember mendatang.

Komandan Satuan Tugas  Hari Nusantara Lembata 2016, Kolonel Laut (P) Haris Bima, kepada wartawan di Lewoleba, Kamis, 8 Desember 2016, mengungkapkan kedatangan Presiden Jokowi, menjadi prioritas demi terselenggaranya puncak perayaan Harnus 2016.

Untuk itu, TNI AL mengirimkan puluhan kapal perang ke Lembata. saat ini sudah ada beberapa kapal perang yang berlabuh di Teluk Lewoleba, diantara KRI Dewa Ruci, KRI Makasar, KRI Terapang dan KRI Tangker Arung Samudra.

Selain itu akan ada penambahan beberapa armada Kapal Perang dalam melakukan tugas pengawalan, pasing sail dan mendukung kesuksesan Hari Nusantara.

“Untuk sementara jumlah kapal yang terdata melakukan pengawalan di Pulau Lembata dan mendukung kegiatan Harnus sebanyak 21 buah. Kapal perang tersebut akan melakukan pasing sail saat puncak perayaan, dan melakukan pengawalan serta penjagaan di perairan luar lokasi atau di luar Teluk Lewoleba,” ungkap Haris Bima.

Dansatgas Harnus yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Patroli Armada RI Kawasan Timur (Armada Timur) ini, lebih jauh menjelaskan selain puluhan kapal perang tersebut, TNI Angkatan Laut juga menyiapkan 1000 personil dalam kegiatan ini.

Sebelumnya diberitakan hanya ada 12 kapal perang yang melakukan pengawalan di Pulau Lembata. Hal ini disampaikan Komandan Pos Angkatan Laut Lembata, Fransisco BJ. Berdasarkan informasi yang masuk ke Markas Komandan Pos Angkatan Laut Lembata. Data sementaara yang masuk saat itu menurut Fransisco, yakni KRI Dewa Ruci, KRI Terapang, KRI Surabaya, KRI Makasar, Untung Surapati, KRI Hasan Basri, KRI Kakap, KRI Sura, KRI Singa, KRI Arung Samudra berjenis kapal tangker untuk menyuplai bahan bakar. Selain itu dua.kapal.yang lain adalah KAL Kembang dan KAL Balibo.

Saat ini, sudah empat kapal yang masuk di Teluk Lewoleba yakni KRI Terapang labuh dipelabuhan Lewoleba, sekira pkl. 11.00, lalu menjelang petang KRI Tangket Arun legoh jangkar sekitar pkl.17.24 dan malam hari sekira pkl.21.54 KRI Legendaris Dewa Ruci labuh di Pelabuhan Laut Lewoleba dan KRI Makasar.

Selain Keempat kapal ini, berdasarkan DWD-Diperkirakan Waktu Tiba, KRI Surabaya esok hari, 9 Desember 2016 dan diikuti KRI lainnya. (*/bp)

Komentar ANDA?