300 Personil Polisi Siap Amankan Pilkada Manggara

0
156

BORONG.NTTSatu.com – Sebanyak 300 personil Polisi Resort (Polres) Manggarai siap mengamankan pemilihan Kepala Daerah di 600 TPS yang tersebar di 11 Kecamatan diKabupaten Manggarai.

Kasubag bagian Operasional Zeth Keki  kepada NTTSatu.com, Senin (7/12) mengatakan, para personil akan mulai bekerja sejak hari ini setelah dilakukanya upacara pelepasan bagi 300 personil untuk mengawal pendistribusian logistic. Jadwal tugas mereka dimulai hari ini, Selasa (7/12) hingga 16 Desember 2015 nanti

Zeth menjelaskan, dari 300 Personil tersebut termasuk bantuan personil dari Polres Sikka sebanyak satu Pleton atau 31 personil. dari Satuan Brimob Sikka sebanyak 31 Personil dan dari TNI Dandim Sikka juga sebanyak 31 orang.

Dikatanya  sistem pengamanan akan dilakukan dengan baik di 600 TPS yang ada. Untuk TPS yang aman akan ditempatkan 1 perseonil yang bisa mengawasi hingga 5 TPS, untuk TPS rawan 1 akan dijaga oleh 2 Personil, TPS Rawan 2 sebanyak 5 personil.

“Untuk Manggarai 4 Kecamatan yang dikategorikan Rawan 2 karena lokasi yang sulit dijangkau karena kondisi topografi. Empat kecamatan itu adalah Kecamatan Satar Mese Barat, Cibal Barat dan Reok Barat,“ katanya.

Selain itu, juga ditempatkan Perwira Pengamat di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 11 Kecamatan yang siap memobilisasi surat suara dari PPS hingga PPK.

“Untuk Kantor KPUD Manggarai, pengamanan dilakukan oleh satuan Brimob dan Kantor Panwaslu Kabupaten Manggarai oleh TNI ‘’ katanya.

 

Pilkada Manggarai Aman

 

Sementara Kapolres Manggarai AKBP Mohamad Ischaq Said kepada NTTSatu.com usai acara pelepasan 300 personil untuk pengamanan Pilkada mengatakan, Pilkada di Kabupaten Manggarai aman.

“Jika pada hari H, masyarakat datang ke TPS dengan doa maka kita dapat memilih sesuai hati nurani. Kita minta Roh Kudus  bahwa hati nurani para pemilih untuk memilih dengan tepat,” katanya.

Dia mengatakan pilkada aman  jika masyarakat Manggarai  tidak bertaruh, datang ke TPS tidak Mabuk-mabukan, tidak membawa senjata tajam dan menjadi polisi bagi diri sendiri

Sementara isu adanya temuan pelanggaran dalam pilkada, Kapolres Manggarai mengaku saat ini sia hanya menunggu laporan dari Panwaslu

‘’Aturannya, kita tunggu  laporan temuan dari Panwaslu Kabupaten Manggarai.” Ujarnya. (mus)

====

 Keterangan Foto : AKBP M. Ischaq Said Kapolres Manggarai Saat Menerima Personil dari Polres Sikka di depan Kantor Polres Manggarai

Komentar ANDA?