Hati-Hati Penipuan Seleksi Pegawai Pertamina

0
5903

KUPANG, NTTsatu.com – Penipunan dengan berbagai mudus semakin ramai. Kali ini ada penipuan yang dilakukan mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) Indonesia yang melakukan rekrut karyawan PT Pertamina pada awal pekan ini.

Rinny Theodorine seorang warga Kota Kupang yang dihubungi di Kupang, Kamis, 20 Agustus 2015 menjelaskan, hari Selasa, 18 Agustus 2015 dia membuka internet dan menemukan ada pengumuman dari PT Pertamina (Persero) Indonesia tentang penerimaan karyawan baru tahun 2015. Lamaran dan kelengkapan dikirim ke email personaliapertamina@gmail.com.

“Saya mengirimkan lamaran Selasa malam, dan tadi pagi (Kamis, 20 Agustus 2015) saya mendapat email balasan bahwa saya lolos seleksi administrasi dan selanjutnya harus mengikuti seleksi di Denpasar tanggal 24 Agustus 2015 tepatnya di Gedung Pertemuan PT.Pertamina Persero Unit Pemasaran Denpasar, Jl. Sugianyar 10, Denpasar, Bali Indonesia,“ katanya.

Dalam surat yang dikirimkan ke email jelas Rinny, tertulis peserta yang lolos seleksi administrasi harus sudah berada di Denpasar hari Minggu, 23 Agustus 2015. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi ditanggung panitia seleksi baik untuk peserta yang lulus maupun tidak lulus selama mengikuti seleksi di Denpasar.

Rinny menuturkan, surat balasan itu ditandatangani Direktur SDM Panitia Recruitment PT Pertamina, Dwi Wahyu Daryoto dengan tembusan Kementerian BUMN, Kementerian Tenaga Kerja dan BP Migas. Kemudian tertulis Ir. Ronald Siregar. SE selaku penanggung jawab dan menjadi penghubung dengan nomor hp 082 324 444 066.

“Saya langsung menelpon ke nomor Ronald Siregar namun nomor itu selalu sibuk. Karena itu saya SMS saja. Kemudian ada balasan bahwa saya harus mengirimkan uang sebesar Rp 7.257.000 ke rekening ATM BNI 0371124332 atas nama Darwito,” kata Rinny.

Rinny juga mengakui, dia merasa curiga ini sebagai modus penipuan karena dalam surat yang diterimannya disebutkan seluruh biaya transportasi PP dan akomodasi di Denpasar ditanggung panitia. Tetapi kenapa ada lagi setoran sebesar itu. Karna itu dia menegaskan untuk tidak akan mengikuti proses ini.

Pimpinan Pertamina (Persero) Marketing Branch NTT, Hadiyanto Tato hendak dikonfirmasi tidak berhasil karena sedang menemani tamu dari Jakarta. Namun Sekretaris Marketing Branch Manager (MBM) PT Pertamina Cabang Kupang, Melda S. Dgo Wenyi yang dihubungi menegaskan itu sebagai modus penipuan yang harus diwaspadai.

Penegasan Melda itu disampaikan setelah diperlihatkan beberapa bukti dari panitia seleksi tersebut. Bukti itu antara lain email PT Pertamina dan cap pertamina.

“Email pertamina yang resmi adalah yahoo.com bukan gmail.com. kemudian cap Pertamina mulai dari pusat sampai daerah adalah bentuknya oval tanpa logo. Karena itu saya tegasnya bahwa itu adalah modus penipuan yang dilakukan oknum-oknum tertentu, karena itu jangan percaya,” katanya.

Melda kemudian mengatakan, PT Pertamina baru-baru ini sudah selesai melakukan seleksi dan di Kupang hanya dua orang yang lulus yakni satu dari SMKN1 dan satu lainnya dari SMKN 5 Kota Kupang. Sekarang mereka sedang mengikuti seleksi tahap lanjutan,” jelas Melda.

Ir. Ronald Siregar yang dihubungi melalui no hpnya 082 324 444 066 dengan tegas mengatakan email itu benar. Namun ketika dikejar, sejak kapan cap Pertamina yang oval itu diganti, dia langsung memutuskan sambungan telepon. (bp)

Komentar ANDA?