75,9 Ton Raskin untuk RTS – PM di NTT Tahun 2015

0
243

KUPANG. NTTsatu – Pemerintah mengalokasikan sedikitnya 75,9 ton beras untuk orang miskin di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2015. Beras tiu disalurkan untuk 421. 799 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS- PM) yang tersebar di seluruh NTT.

“Untuk triwulan pertama tahun ini, .sudah disalurkan sebanyak 16, 2 ton lebih beras Raskin tersebut,” kata Kepala Bagian Humas Bulog Divre NTT, Marselina Rihi kepada wartawan di Kupang, Kamis (16/4).

Marselina mengatakan, alokasi jumlah beras untuk NTT pada tahun 2015 sama seperti yang teralokasi pada tahun 2014. Artinya, kebutuhan dan ketergantungan masyarakat terhadap Raskin masih sangat tinggi. Dengan demikian maka program raskin masih sangat dibutuhkan di daerah ini.

“Raskin segera disalurkan untuk warga miskin yang sudah tercatat dan ada dalam data warga penerima raskin,” kata Marselina.

Dikatakannya, walau Bulog dipercayakan menangani beras bagi masyarakat, namun tetap dibutuhkan adanya intervensi pemerintah. Bulog tetap menyediakan beras jika program itu terus dilanjutkan. Ketersediaan beras yang ada untuk program beras keluarga miskin dapat dikalkulasi alokasinya untuk setiap kepala keluarga atau RTS- PM mendapatkan jatah sebanyak 15 Kg selama 12 bulan.
“Dari data RTS- PM, menunjukkan masih banyak masyarakat yang bergantung dan berharap dari program bantuan beras,” ujarnya.

Menurutnya, pola penyaluran program Raskin ke RTS- PM, dilakukan oleh masing- masing kabupaten/kota dan akan dilanjutkan untuk didistribusikan langsung oleh masing- masing desa dan kelurahan.

“Kami di Bulog hanya sebagai penyedia beras dan disalurkan kepada pemerintah. Untuk teknis pembagian beras menjadi kewenangan pemerintah daerah masing- masing,” katanya. (iki)

Komentar ANDA?