Akhir Mei, Parade Ribuan Kuda dan Festival Tenun Ikat Digelar di Sumba

0
266
Foto: Keperkasaan kuda Sumba saat kegiatan budaya Pasola di daerah itu (Ist)

KUPANG. NTTsatu.com – Untuk kepentingan promosi potensi pariwisata di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), direncanakan akhir bulan Mei 2017 akan digelar kegiatan bertaraf internasional yakni parade Kuda dan Festival Tenun Ikat.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu yang dihubungi di Kupang, Senin, 13 Pebruari 2017 mengatakan, kegiatan bertaraf internasionala di pulau Sumba iyu digelar untuk mempromosikan keindahan alam maupun budaya NTT. Dua kegiatan yang akan digelar yakni parade rubuan kuda Sumba yang dikenal dengan sebutan kuda Sandelwood dan festival dan ekspo tenun ikat Sumba.

Untuk mempersiapkan kegiatan itu, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah empat kabupaten di Pulau Sumba.

“Kegiatan parade ribuan kuda nanti akan kita selenggarakan menyatu dengan ekspo internasional tenun ikat dari empat kabupaten. Kegiatan itu direncanakan akan berlangsung pada akhir Mei 2017 dengan melibatkan seluruh masyarakat di Sumba,” kata Marius.

Agenda akbar itu, lanjut Marius, digelar sesudah Tour de Flores pada 9-14 Mei 2017. Menurut rencana kegiatan di Sumba itu akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Marius menjelaskan, untuk parade ribuan kuda akan dimulai dari Kota Waingapu (ibu kota Kabupaten Sumba Timur), menuju Kota Waibakul (ibu kota Kabupaten Sumba Tengah), selanjutnya ke Waikabubak (ibu kota Kabupaten Sumba Barat) dan berakhir di Tambolaka (ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya).

Sedangkan untuk festival tenun ikat akan digelar di setiap ibu kota kabupaten yang melibatkan semua masyarakat dan pemerintah.

“Kegiatan itu untuk menciptakan branding dan menunjukkan kepada dunia bahwa pusat kuda sandelwood itu ada di Provinsi NTT khususnya Pulau Sumba,” kata Marius. (*/bp)

Komentar ANDA?