Aksi Donor Darah Korem Hasilkan 116 Kantong

0
169
Foto: Aksi Donor Darah yang diprakarsai Korem 161/Wirasakti Kupang

NTTsatu.com – KUPANG – Aksi donor darah yang digelar Korem 161/Wira Sakti dalam rangka menyongsong peringatan Hari Ulang  Tahun Ke 60 Kodam IX/Udayana tahun 2017 berhasil mengumpulkan sebanyak 116 kantong darah.

Kegiatan donor darah ini berlangsung Selasa pagi, (16/05/2017) bertempat di Aula Serbaguna Korem 161/Wira Sakti yang pelaksanaannya dikoordinir oleh Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.01 Kupang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Kupang.

Pembukaan kegiatan donor darah ini dilakukan oleh Kasi Pers Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Apriadi Dirbas yang mewakili sekaligus membacakan sambutan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE.,M.M., yang antara lain menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi dari para pendonor yang sudah secara suka rela dan tulus ikhlas untuk mendonorkan darahnya.

“Ini merupakan kegiatan mulia untuk kepentingan kemanusiaan, karena setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat bermanfaat bagi orang lain, bahkan dapat menyelamatkan jiwa atau nyawa orang lain yang memang membutuhkan”, ungkap Danrem.

Ditambahkan Danrem, apa yang dapat dilakukan semoga berpahala dan menjadi sumbangsih terbaik bagi Bank Darah PMI di Kota Kupang.

Sementara itu Dandenkesyah 09.04.01 Kupang Letkol Ckm Effendi Prabowo selaku koordinator kegiatan saat ditanya awak media terkait kegiatan donor darah ini, mengatakan bahwa target kegiatan ini adalah sebanyak 150 pendonor. Tetapi yang mendaftar sebanyak 153 orang. Setelah dilaksanakan pengecekan maka yang layak atau boleh melaksanakan donor sebanyak 116 orang seperti yang kita dapatkan hari ini, sebutnya.

Ditambahkannya rincian dari pelaksanaan donor darah yang menghasilkan 116 kantong darah tersebut terdiri atas ; golongan darah A sebanyak 31 kantong, golongan darah B sebanyak  32 kantong, golongan darah AB sebanyak 44 kantong dan golongan darah O sebanyak 9 kantong.

Dandenkesyah juga menjelaskan bahwa yang tidak bisa melaksanakan donor darah pada kesempatan ini dikarenakan terkendala oleh, HB rendah, hipertensi, hipotensi atau belum saatnya untuk melaksanakan donor.

Pantauan di lokasi kegiatan, peserta donor berasal dari kalangan TNI yaitu Korem 161/Wira Sakti dan jajaran,  Lantamal VII Kupang, Lanud El Tari Kupang, Brimobda NTT, Polda NTT, Persit Kartika Chandra Kirana, Awak Media serta Aparatur Sipil Negara (ASN).(ambu)

Komentar ANDA?