Anak-Anak Lembata di Bawah 17 Tahun Diberikan KIA

0
151

KUPANG, NTTsatu.com – Selain memberikan pujian kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lembata, Komisi I DPRD setempat juga memuji gebrakan dinas ini yang memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada anak-anak berusia dibawah 17 tahun.

Ketua Komisi I DPRD Lembata, Bediona Philipus mengatakan, ini sebuah terobosan baru yang diloakukan Dinas Dukcapil dibawah kepemimpinan Wens Pukan. KIA ini diadopsi dari kebijakan Presiden RI, Jokowi ketika menjabat sebagai Walikota Solo.

Bediona menjelaskan, Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak berusia di bawah 17 tahun, Pediona mencatat sebuah prestasi Dukcapil di tahun 2015 yang melahirkan kebijakan, hasil belajar dari Pemerintahan Jokowi Ketiak menjadi walikota Solo.

KTP hanya diberikan kepada warga yg telah berusia 17 tahun namun, . terhadap anak-anak lulusan SD, SMP, SMA dan sederajad yang belum mencapain usia 17 tahun diberikan KIA, Kartu Identitas Anak, sbg jalan keluarnya. Terutama untuk anak-anak Lembata yg akan belajar ke luar daerah ketika mereka belum mencapai usia 17 tahun.

“Terima kasih dan penghargaan untukmu teman-teman Dinas Dikcapil Lembata. Sudah memilih bersih, jujur, kerja keras, berprestasi, meski kehilangan kesempatan menjadi kaya dengan uang tambahan yg sudah dipandang “biasa” oleh yg lain,” tulis Bediona Philipus.

Dia mengatakan, setiap SKPD di Lembata jiga mengambil berbagai langkah terobosan yang baik, maka penataan pemerintahan di daerah ini akan menjadi lebih baik. Para pimpinan SKPD seharusnya mampu menelorkan kebijakan-kebijakan yang baik sehingga akan dipelajari dan diadopsi oleh bawahannya setelah mereka dipercayakan menjadi pimpinan.

“Kita berhara0p nsemua pimpinan SKPD yang sering keluar daerah agar hisa mengadopsi hal-hal baru yang memnguntungkan di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Kita butuh pimpinan yang inovatip dan kreatif,” kata mantan dosen Fakultas Hukum Unwia Kupang ini. (***/bp)

=====. .

 

Foto: Wens Pukan ketika mempertangungjawabkan kinerjanya di depan Komisi I DPRD Lembata

Komentar ANDA?