Aneh, Mengapa Abraham Christian Tidak Ikut Diperiksa KPK

0
249
Foto: Marthen Dira Tome, Bupati Sabu Raijua yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus PLS

KUPANG. NTTsatu.com – Berbagai pihak di NTT dan Kupang mempertanyakan, mengapa Abraham Cristian, salah satu penasehat hukum (PH) tersangka Marhten Dira Tome (MDT) tidak ikut diperiksa bersama tiga PH lainnya.

Informasi yang diperoleh NTTsatu.com menyebutkan, salah seorang adik dari AKBP Hendrik Christian penyidik KPK yakni Abraham Christian juga menjadi PH MDT. Tetapi yang dipanggil untuk diperiksa KPK dengan tuduhan menghalang-halangi saksi untuk diperiksa hanya tiga orang yakni John Rihi, Lauresn Mega Man dan Sam Haning.

Kemudian, informasi yang dihimpun juga menyebutkan, Abraham beberapa waktu lalu ketika kasus dugaan korupsi dana PLS itu mencuat, pernah datang ke Sabu Raijua untuk urusan kasus PLS ini dan dia akhirya ikut menjadi PH MDT.

John Rihi selaku ketia Tim Kuasa Hukum Tersangka MDT yang diduga melakukan korupsi Dana Pendidikan Luar sekolah (PLS)  tahun 2007 pada Dinas P dan K senilai Rp 77 menegaskan, dia bersama dua temannya akan menjalani pemeriksaan  oleh Penyidik KPK di Jakarta besok, 29 November 2016.

“Iya benar. Saya dipanggil KPK untuk diperiksa tanggal 29 November 2016. Tapi saya belum baca isinya apa,” kata Yohanes D. Rihi, alias JR Minggu (27/11).

John Rihi menegaskan, selaku kuasa hukum tersangka pihaknya bersama anggota tim tak pernah menghalangi-halangi proses penyelidikan kasus tersebut. Dia malah menilai langkah KPK itu untuk melemahkan kuasa hukum tersangka dalam menghadapi kasus tersebut.

Dia juga menilai trik itu dilakukan penyidik KPK hanya untuk mengalihkan perhatian. KPK hanya perlu menghadirkan bukti-bukti dalam kasus PLS. Pasalnya selama ini KPK tidak bisa menghadirkan bukti dalam kasus itu makanya hal ini sengaja dibuat oleh KPK untuk melemahkan pengacara.

JR menambahkan, salah seorang adik dari AKBP Hendrik Christian, yakni Abraham Christian juga menjadi PH MDT. “Kalau mau periksa jangan saya dan dua teman saya. Ada adiknya Hendrik Christian namanya Abraham Christian. Karena dia ke Sabu disuruh Hendrik Christian untuk jadi pengacara bupati,” tantang JR. (*/bp)

Komentar ANDA?