Apabila Ia Datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia Akan Memimpin Kamu Kepada Seluruh Kebenaran

0
545

Oleh: Rm Ambros Ladjar, Pr

Hari Minggu, 12 Juni 2022.
*Hari Raya Tritunggal Maha Kudus atau Trinitas*.
Bacaan. Kitab Amsal 8: 22-31 dan Roma 5: 1-5 dan Injilย  Yoh. 16: 12-15.

Allah menurut Kitab Amsal dilukiskan sebagai sumber kebijaksanaan. DIA sudah ada sejak awal mula dunia ibarat matahari yang kita lihat setiap saat. Ada tiga unsur dominannya yakni: terang, warna warni dan panasnya.

Hari raya Tritunggal Maha Kudus mengajak kita umat kristiani untuk merenungkan tiga pribadi Allah dalam karya keselamatan. Ada tiga unsur utama sebagai pemeran yang berbeda yakni Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Allah Bapa sebagai Pencipta dan Penyelenggara hidup. Allah Putera sebagai Penebus dan Allah Roh Kudus sebagai Penghibur atau Penolong umat manusia.

Yesus menyadari bahwa para murid belum paham akan tugas perutusan mereka sepenunya. Dari sebab itu setelah Yesus pergi kepada Bapa-Nya, DIA mengutus Roh Kudus untuk bantu menguatkan para rasul dalam karya kesaksian injil. Yesus sudah tegaskan dalam injil bahwa “Roh Kebenaran akan memimpin mereka dalam seluruh kebenaran”.

Kitapun diajak gereja untuk menyingkirkan segala bentuk individualisme dan egoisme agar dapat menjadi pembagi rahmat Allah. Sebagaimana Allah Tritunggal memainkan peranan secara berbeda maka hendaklah kitapun demikian. Kita semua dapat melayani sesama sesuai tugas dan fungsi kita sebagai bentuk nyata pertanggungan jawab publik kepada sesama.

Ketika kita sebut Nama Bapa seraya menyentuh dahi, kita berarti kita percaya akan satu Allah, satu iman dan satu persekutuan. Kita sebut Allah Putra sambil menyentuh hati kita mengakui betapa besar cinta kasih Allah Putra yang menebus kita di Salib. Akhirnya saat menyentu bahu dan menyebut Allah Roh Kudus untuk menunjukan bahwa kita mau membuka diri terhadap Tuhan dan sesama. Kesemuanya itu kita memuliakan Allah Tritunggal Maha Kudus. Apakah kita sadar setiap saat ketika kita membuat tanda Salib?

Salam sehat di Hari Minggu Trinitas buat semuanya. *Tetap taat menjalankan Prokes*. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga kita masing-masing dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita yang melingkupi hidupmu… Amin๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐ŸŒนโœ๏ธ๐ŸŒน๐ŸŽ๐Ÿ›๏ธ๐Ÿ‡๐Ÿ‡๐ŸŒฝ๐ŸŽ‰๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Pator Paroki Katedral Kupang

Komentar ANDA?