Apakah Yang Menjadi Penyebab Keguguran Berulang?

0
156

NTTsatu.com – Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

 

Pertanyaan
Selamat siang dok, yang saya mau tanyakan penyebab guguran berulang. Itu di sebabkan karena apa ya? Saya tanya dokter setelah kuret, rahim saya bagus katanya. (LeNie)

Jawaban
Kebanyakan perempuan yang pernah mengalami keguguran satu kali biasanya akan mampu memelihara kehamilan yang berikutnya. Namun, 1 persen dari perempuan hamil akan mengalami keguguran berulang sebanyak tiga kali atau lebih. Penyebabnya jarang sekali diketahui.

Namun ada beberapa kemungkinan penyebab keguguran yang berulang antara lain kelainan kromosom, kelainan sistem hormonal, kelainan pada organ reproduksi dan rahim, adanya gangguan pembekuan darah, infeksi organ reproduksi, faktor usia.

Setelah tiga atau lebih keguguran, diperlukan evaluasi medis untuk kemungkinan penyebab, pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik dan tes darah. Tes darah diperlukan untuk mengetahui apakah sistem kekebalannya overactive (yang bisa menyebabkan penolakan janin) atau ada kelainan darah, seperti sindrom Hughes (pengentalan darah berlebihan yang menghambat suplai gizi ke janin).

Pemeriksaan lain yang bisa dilakukan antara lain biopsi dari lapisan rahim untuk memeriksa kadar progesteron setelah ovulasi (hormon yang diperlukan untuk memastikan embrio tertanam dengan semestinya di dinding rahim).

Selain itu, perlu juga dilakukan USG dan pemeriksaan dalam untuk mengetahui adanya kekurangan anatomis. Kemudian, Anda dan pasangan juga bisa memeriksakan apakah ada ketidaknormalan kromosom.

Untuk mencegah terjadinya keguguran, lakukan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, batasi aktivitas yang beresiko tinggi serta cukupi asupan gizi. (merdeka.com)

Komentar ANDA?