APRIL 2024 INFLASI KOTA MAUMERE SEBESAR 1.10 PERSEN BERAS DAN TRANSPORTASI UDARA PEMICUNYA

0
600

NTTSATU.COM — MAUMERE —  Hasil survey perkembangan harga Kota Maumere oleh Badan Pusat statistik kabupaten Sikka pada bulan April 2024, menunjukan bahwa kota Maumere mengalami inflasi sebesar 1,10 persen (secara bulanan/ MtM).

Perkembangan harga berbagai komoditas pada April 2024 secara umum menunjukkan adanya kenaikan yang didorong oleh adanya momen hari raya Idulfitri.demikian disampaikan kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sikka kristanto Setyo Utomo SST .MSi dalam berita resmi statistik 2/5/24 di kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Sikka.

“Secara Tahunan/ YoY menurut Krsitanto Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 2,00 persen, sedikit lebih rendah dibanding inflasi tahunan rata-rata se-Prov NTT pada bulan ini. Dengan demikian, sepanjang tahun 2024 ini (Januari-April) secara rata-rata Kota Maumere masih mengalami deflasi/ penurunan harga sebesar 0,05 persen (YtoD).
perkembangan harga berbagai komoditas Pada April 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Maumere sebesar 2,00 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,34,” tegas Kristanto
Lebih lanjut Kristanto menjelaskan Inflasi y-on-y terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya 7 dari 11 indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 3,08 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,94 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,56 persen; kelompok transportasi sebesar 4,20 persen; kelompok pendidikan sebesar 1,15 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 3,88 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,93 persen.

Secara umum menurut Kristanto menunjukkan tidak adanya kenaikan. Namun ada Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks harga terbesar adalah adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dan Perawatan Pribadi dan Jasa lainnya yang sama-sama sebesar 1,11 persen.tegas

Secara tahunan (YoY), masih sama seperti bulan sebelumnya, kenaikan terbesar terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 5,87 persen diikuti oleh kelompok transportasi sebesar 4,61 persen. Komoditi utama pendorong tingginya inflasi YoY untuk kelompok makanan, minuman dan tembakau adalah komoditi cabai rawit, cabai merah, beras.

Sedangkan untuk kelompok transportasi adalah ongkos perbaikan ringan kendaraan, tarif angkutan udara dan ban luar motor. Sedangkan kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan deflasi y-on-y yaitu kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,00 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,03 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,03 persen; dan kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,01 persen.

“Peningkatan tingkat harga secara tahunan di Kota Maumere pada bulan ini masih didominasi oleh kenaikan harga beras dan tarif angkutan udara. Namun demikian, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kedua komoditi ini justru menunjukkan adanya penurunan harga,” tegas Kriastanto. (ino)

Komentar ANDA?