Awal Ramadhan Kamis 18 Juni

0
226

NTTsatu.com – Menteri Agaa (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan. Berdasarkan pengamatan hilal terpapar kesepakatan penentuan awal Ramadhan.

“Bulan syaban digenapkan 30 hari, karena itu 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015,” kata Lukman dalam jumpa pers di Kemenag, Jl Thamrin, Jakarta, Selasa (16/6/2015) seperti dilansir detik.com.

Umat islam bisa melakukan puasa ramadhan secara serentak. Lukman berharap kebersamaan bisa dibangun sehingga persoalan bisa disikapi secara bersama-sama.

Dalam jumpa pers itu Menag Lukman didampingi Ketum MUI Din Syamsuddin dan KH Ma’ruf Amin

Sementara, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin membela Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait kewajiban hidup toleran, khususnya selama bulan suci Ramadhan. Menurut Din, pernyataan Menag Lukman sudah tepat.

Din menjelaskan, dirinya sempat meminta klarifikasi karena banyak informasi yang menyebut Lukman meminta umat muslim yang berpuasa untuk menghormati umat atau warga negara Indonesia yang tidak berpuasa.

Secara pribadi, Din mengaku tidak yakin jika Lukman memiliki niat untuk mengecilkan umat muslim yang berpuasa. “Saya sudah konfirmasi ke beliau, dan itu tidak benar. Saya dari awal tidak meyakini itu pendapat Pak Menteri,” kata Din di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Din menegaskan, Lukman hanya menyampaikan imbauan agar toleransi antarumat beragama ditingkatkan selama Ramadhan. Ia berharap tidak ada pihak yang memaksakan kehendak, terlebih menggunakan cara kekerasan dengan dalih agama.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah itu juga menyatakan, tidak ada kewajiban seluruh rumah makan untuk tutup selama bulan Ramadhan. Meski demikian, ia berharap rumah makan menyesuaikan waktu operasionalnya untuk menghargai umat yang berpuasa dengan cara beroperasi menjelang waktu berbuka sampai selesainya waktu sahur.

“Umat Islam perlu toleran, hormati yang puasa, yang tidak puasa juga perlu dihormati. Jangan paksakan mereka berpuasa,” ucapnya. ***

Komentar ANDA?