Awas, 4 kebiasaan Harian Bisa Bikin Mati Mendadak

0
172

NTTsatu.com – Kematian memang merupakan suatu hal yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Namun beberapa kebiasaan atau perilaku tidak sehat yang Anda lakukan setiap hari mampu berujung pada penyakit berbahaya yang mengakibatkan kematian. Terkadang kebiasaan tersebut bahkan tidak Anda sadari mampu menyebabkan kematian mendadak.

Dilansir dari indiatimes.com, berikut adalah beberapa daftar kebiasaan buruk yang mampu membahayakan kesehatan Anda.
1. Tidur dengan ponsel berada di dekat Anda
Sekitar 8 dari 10 manusia pasti akan selalu meletakkan ponsel di dekat mereka saat tidur. Alasannya, agar Anda langsung terjaga saat ada sms, telpon, atau email penting yang masuk. Sudah banyak penelitian kesehatan yang mengatakan bahwa kebiasaan ini membahayakan kesehatan Anda. Salah satu alasannya adalah eksposur cahaya biru atau blue light akan mengganggu kerja otak Anda yang kemudian akan menekan sekresi hormon melatonin dari tubuh yang akan selalu membuat Anda waspada. Sehingga sudah bisa ditebak bahwa kualitas tidur Anda akan terganggu.
2. Jadwal Menstruasi yang Tidak Teratur
Kebanyakan wanita seringkali mengabaikan jadwal menstruasi mereka yang tidak teratur. Stres atau mendekati masa menopause kebanyakan menjadi alasan kenapa hal ini terjadi. Walaupun begitu jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera periksakan hal tersebut pada ginekolog Anda sebab menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda awal dari berbagai penyakit berbahaya seperti infeksi, kanker, atau gangguan pada rahim Anda.
3. Sering Duduk
Pernahkah Anda menghitung berapa waktu yang Anda habiskan untuk duduk dalam sehari? Bisa jadi lebih dari 10 jam sehari. Para ahli kesehatan memperingatkan jika Anda sering duduk terutama dalam posisi yang tidak sehat maka akan mengakibatkan Anda mengalami sakit punggung yang bisa berujung pada munculnya berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Solusinya, segera perbaiki postur saat Anda duduk dan seimbangkan dengan aktivitas lainnya yang sehat.
4. Jarang Memakai Sun Block
Sebagian besar orang seringkali lupa atau mengoleskan sun block di kulit mereka. Padahal Indonesia termasuk negara dengan paparan sinar matahari yang cukup tinggi. Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini mampu membuat Anda memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker kulit terutama di daerah kelapa, leher, dan tangan Anda. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk mengoleskan sun block setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan atau melindungi kulit Anda dengan mengenakan payung, scarf, atau jaket.
Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat Anda berada dalam risiko besar bahaya kesehatan. Semoga informasi sehat ini bermanfaat! (sumber merdeka.com)

Komentar ANDA?