Bangga! Dua Remaja NTT Lulus Polri Jalur Penghargaan

0
16465

NTTSATU.COM — KUPANG — Dua orang remaja asal Provinsi Nusa Tenggara Timur Reneldis Ma’a (19) dan Ignatius Laga Koten (19) dinyatakan lolos seleksi tes masuk kepolisian melalui jalur penghargaan yang diberikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Terkait hal itu, Kepala Bagian Dalpers Biro SDM Polda NTT AKBP Sajimin kepada wartawan di Kupang, Jumat 15 Desember 2023 mengatakan bahwa dua pemuda itu diterima berkat penghargaan yang diberikan oleh Kapolri kepada mereka.

“Untuk Renaldis Ma’a ia merupakan adik dari anggota Brimob Polda NTT Bharatu Anumerta Bonifasius Jawa alias Boy Jawa yang menjadi korban penembakan oleh KKB di Papua,” paparnya.

Reneldis Ma’a, adik almarhum Boy Jawa, diterima menjadi anggota Polri melalui seleksi Bintara Rekrutmen Proaktif (Rekpro) Polri TA 2023 jalur penghargaan, Reneldis berhasil lulus. Sajimin menjelaskan bahwa walaupun dapat penghargaan dari Kapolri, tapi seluruh tahapan seleksi diikuti semua dan hasilnya bagus.

Reneldis bercerita bahwa setelah tamat dari SMA Negeri 1 Golewa, Kabupaten Ngada, Reneldis juga mengikuti tes di Kanwil Hukum dan HAM untuk petugas Lapas, tetapi belum berhasil karena tidak ada kuota perempuan.

Selama menunggu, ia membantu orang tuanya membangun rumah tinggal mereka di Kelurahan Mangulewa, Kabupaten Ngada, NTT. Namun sebelum kakaknya meninggal Reneldis diminta untuk ke Sumba untuk mempersiapkan diri untuk tes Polri pada 2024 nanti,

“Kakak Boy minta saya ke Sumba untuk latihan fisik dan belajar guna persiapan mengikuti tes Polwan tahun depan,” sebut Reneldis.

Meskipun tidak menyangka lulus seleksi Polri jalur penghargaan, Reneldis berkomitmen untuk memberikan hasil maksimal. Saat mengikuti seluruh tahapan tes, ia selalu membawa tas ransel milik kakaknya, yang meninggal saat bertugas di Papua.

“Saya berusaha maksimal memberikan yang terbaik guna membantu orang tua saya di kampung,” tegasnya dengan penuh haru.

Selain Reneldis adik dari Anumerta Bonifasius Jawa, salah seorang pemuda asal Flores Timur juga lulus lewat jalur penghargaan yakni, Ignatius Laga Koten ia dinyatakan lulus setelah berhasil membintangi film yang berkaitan dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berjudul Aku Rindu.

Diketahui Ignasius Laga Koten sendiri sempat mengikuti tes Polri sebanyak dua kali, namun semuanya gagal. Tetapi melalui program penghargaan tersebut dia kemudian berhasil mewujudkan mimpinya. “Saya akan berusaha keras agar menjadi yang terbaik,”kata dia penuh bangga.***

Komentar ANDA?