Batu Akik Ramaikan Expo Harkopnas 2015

0
166

KUPANG. NTTsatu – Batu akik yang sedang digandrungi masyarakat di berbagai daerah ikut meramaikan pameran Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tahun 2015 di halaman depan rumah Jabatan Gubernur NTT.

Sejumlah stan di luar gedung utama Expo Harkopnas memamerkan aneka jenis batu akik yang didominasi batu akik dari Timor Tengah Utara dan beberapa daerah lainnya. Batu akik yang dipamerkan dan dijual itu dalam berbagai ukuran dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan bahkan jutaan rupiah.

Batu akik yang dipamerkan itu juga baik dalam bentuk sudah jadi maupun dalam bentuk batu gelondongan.

Matina seorang penjual batu akik yang ikut hadir dalam pameran itu mengakui, batu yang dipamerkan dan dijual ini dibawah dari Timor Tengah Utara. Dia membawa batu gelondongan yang menampilkan aneka warna.

Ditanya, apakah batu akik berbagai jenis dan aneka warna itu memiliki khasiat tertentu, Martina mengaku tidak tahu. Tetapi menurutnya batu akik yang dipamerkan di tempat ini sejak kemarin, Kamis, 11 Juni saat pembukaan pameran sudah banyak yang dibeli.

“Pembeli mengaku batu yang saya jual ini memiliki arti tertentu, Saya sendiri tidak tahu. Mereka yang membeli kemarin pada umumnya bukan orang NTT, kemungkinan dari Jawa mengatakan kalau batu yang saya jual ini sangat bagus,” kata Martina yang ditemui di tempat pameran batu akikm Jumat, 12 Juni 2015 pagi. (iki)

Komentar ANDA?