Ben Mboy Putra NTT Pertama Dimakamkan di Kalibata

0
580

KUPANG. NTTsatu.com – Alamrhum Aloysius Benedictus Mboy yang meninggal Selasa, 22 Juni 2015 merupakan putera Nusa Tenggara Timur (NTT) pertama yang jenazahnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Kamis, 25 Juni 2015 besok.

“Kita sudah menyurati langsung keluarga almarhum Ben Mboy di Jakarta untuk meminta agar jenazah pak Ben Mboy dimakamkan di Taman makam Pahlawan Dharmaloka Kupang, namun tidak bisa. Pak Gubernur sendiri juga telepon langsung ibu Nafsiah Mboy untuk meminta kesediaan ibu, namun juga tidak bisa,” kata Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah (Setda) NTT, Zakarias Moruk.

Dihubungi di Kupang, Rabu, 24 Juni 2015, Moruk menjelaskan, ketika Gubernur NTT, Frans Lebu Raya menelepon langsung ibu Nafsiah Mboy, istri almarhum Ben Mboy, ibu Nafsiah langsung menjelaskan kepada Gubernur kalau sudah ada pesan dari Ben Mboy sebelumnya.

“Menurut ibu Nafsiah, Pak Ben sendiri berpesan kepada Ibu Nafsiah, jika memang memenuh syarat untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, maka beliau bersedia dimakamkan disana. Jika tidak, maka bisa dibawah dan dimakamkan di Kupang. Ternyata pemerintah Indonesia menyetujui agar jenazah almarhum dimakamkan di Kalibata,” kata Moruk mengutip penjelasan ibu Nafsiah kepada Frans Lebu Raya.

Karena itu lanjut Moruk, Gubernur bersama seluruh Bupati dan walikota di NTT akan menghadiri acara pemakaman di Kalibata besok. Selain Gubernur dan para Bupati, para mantan bupati semasa Ben Mboy menjadi Gubernur, serta para mantan Ketua DPRD NTT diundang menghadiri acara pemakaman tersebut.

“Saya sudah koordinasi dengan semua Bupati dan walikota. Mereka siap ke Jakarta. Para mantan Ketua DPRD NTT juga sudah siap diantaranya J.N. Manafe, Daniel Woda Palle, Mell Adoe, Daniel Adoe dan Simon Petrus Soliwoa serta mantan Wagub NTT, Johanes Pake Pani juga sudah bersedian menghadiri ucapara pemakaman tersebut,” katanya.

Rombongan dari Kupang akan dijemput staf dari Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi NTT di Jakarta  dan semuanya diinapkan di Penginapan Perwakilan NTT.

Menurut Moruk, sebelumnya beberapa tahun lalu, ketika Frans Seda meninggal dunia, pemerintah RI juga menawarkan untuk memakamkan beliau di Taman Makam Pahlawan Kalibata, namun keluarga tidak setuju. Karna itu Almarhum Ben Mboy adalah orang NTT pertama yang jenaszahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (bop)

Komentar ANDA?