Besok, Pemerintah Kota Kupang Larang Mall Dibuka,

0
2762

NTTsatu.com — KUPANG — Pemerintah Kota Kupang ( Pemkot Kupang) melarang mall-mall yang ada di Kota Kupang untuk membuka pelayanan sejak diterbitkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Kupang tentang pengendalian Covid-19 di Kota Kupang.

SE akan diterbitkan besok, Selasa 6 Juli 2021 dan berlaku hingga 21 Juli 2021 mendatang.

Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, usai rapat bersama satgas  penanganan Covid-19, menyebut SE ini tidak berbeda jauh dengan SE sebelumnya yang akan mengatur tentang pembatasan kegiatan di sejumlah sektor.

“Rapat tadi itu kita mengatur dua hal, yang pertama internal ASN dan pemerintahan tentang work from home, sift, vaksinasi dan arahan lurah serta camat. Yang kedua adalah PPKM darurat melalui penebalan yang telah dilakukan,” katanya, Senin 5 Juli 2021 di Balai Kota.
Diungkapkan Herman, SE ini yang lebih ditekankan adalah penutupan Mall secara total, terkecuali adanya restauran yang berada di dalam Mall. Usaha itu akan melayani pengunjung dengan penerapan take away atau tidak mengkonsumsi ditempat.
Sementara sektor lain seperti supermarket, pasar dan pusat perbelanjaan lain akan beroperasi hingga pukul 20.00 WITA. Selama bulan Juli, kata Herman, pemberkatan nikah di gereja akan ditunda dan untuk sinode GMIT akan berlaku hingga tanggal 22 pengecualian akivitas di gereja.
“Mungkin di beberapa paroki yang sudah tercatat tapi hanya akan melakukan pemberkatan dan tetap protokol kesehatan, tidak ada pesta,” tegasnya.
Menurutnya, pemberlakuan SE ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi perayaan hari raya Idul Adha tahun 2021. Untuk aturan mengenai tata laksana hari raya Idul Adha, Wakil Wali Kota Herman, mengaku akan membahas dalam rapat selanjutnya, namun penerapan bakal dilakukan sama dengan perayaan hari raya Idul Fitri kali lalu.
Penerapan itu dilakukan dengan mengarahkan umat yang merayakan untuk melakukan ibadah sholat di Masjid dan akan terus dilakukan pemantauan berdasarkan perkembangan kasus Covid-19 di Kota Kupang. (PK/gan)

Komentar ANDA?