Biro Humas Harus Kreatif dan Inovatif

0
412

NTTsatu.com -KUPANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Nusa Tenggara Timur (NTT), Benediktus Polo Maing, mengingatkan aparat Biro Humas dan Bagian Protokol untuk harus kreatif  dan inovatif dalam menjalankan tugasnya mendukung seluruh kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

“Diperlukan langkah-langkah percepatan pembangunan melalui pemberitaan dengan mengangkat isu-isu penting secara kreatif dan inovatif,” kata Sekda Benediktus Polo Maing dalam pertemuan internal bersama anggota tim percepatan pembangunan “”NTT Bangkit dan NTT Sejahtera”, Emi Summira, di ruang rapat Sekda, gedung Sasando, di Kupang, Jumat (28/9) petang.

Turut hadir, Kepala Biro (Karo) Humas, Semuel Pakereng, Karo Umum, Sakarias Moruk, Karo Organisasi Ferdy Kapitan dan para pejabat serta staf Biro Humas dan Bagian Protokol, Biro Umum.

Dijelaskan Sekda Polo Maing, pesan media memiliki pengaruh sangat besar. Sehingga humas pemerintah harus memperhatikan pesan apa yang menjadi penting dari setiap kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

“Humas perlu memainkan isu pembangunan dan menghasilkan efek pemberitaan media dalam mendukung percepatan pembangunan di NTT,” katanya.

Emi Summira, mengatakan pemberitaan melalui siaran pers (press release) humas harus “by moment, bukan by setting”. Penting bagi humas pemerintah untuk mengangkat poin-poin penting atau isu dari setiap kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

“Dari isu penting yang diangkat maka akan nampak efek pemberitaan media terhadap percepatan pembangunan di NTT. Humas dan Protokol tidak boleh bekerja apa adanya tapi perlu langkah kreasi dan inovasi berkaitan dengan mengemas suatu isu dalam pemberitaan media. Mengemas berita pembangunan yang memiliki nilai berita (news value), bukan soal kemiskinan saja,” tandasnya.

Terkait konten pemberitaan, kata General Manager (GM) Harian Umum Victory News itu, apararur humas dalam mengemas berita harus memilih angle yang menarik. Juga saat wawancara mesti mengajukan pertanyaan dengan mengangkat isu penting dan menggugah narasumber untuk menjelaskannya.

Emi Summira, mengajak aparatur humas untuk melakukan komunikasi secara intensif dengan awak media. Melakukan pertemuan secara periodik dengan pimpinan media dan menata konsep kerjasama media secara profesional. Termasuk menggelar coffee morning melibatkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dengan pimpinan media.

Dalam pertemuan tersebut dibahas juga soal pembentukan media center bagi kelancaran akses wartawan dalam kegiatan peliputan berita dilingkup pemerintah provinsi NTT. juga menyangkut ruang lingkup kerja Biro humas dan bagian protokoler Biro Umum Setda NTT. (hms)

======

Foto: Suasana rapat Sekda NTT dengan aparat Biro Humas Setda NTT di ruang rapat  Sekda, Jumat, 28 September 2018

Komentar ANDA?